10 Pimpinan Pesantren akan Diberangkatkan ke Jepang

Ilustrasi Pesantren.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto Musafirian

VIVA.co.id – Tahun ini Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia kembali mengadakan program kunjungan pimpinan Pondok Pesantren Indonesia ke Jepang. 

Wamen ATR/BPN Serahkan Sertifikasi Tanah Pondok Pesantren Keluarga Amrozi

Rencananya, program ini akan diadakan pada Oktober mendatang, dengan mengirimkan 10-12 perwakilan pimpinan yang akan dipilih melalui proses seleksi.

"Rencananya, akhir Oktober 2016 akan dilakukan program kunjungan pimpinan Ponpes ke Jepang. Akan ada seleksi untuk memilih siapa aja yang akan diundang dan memastikan perwakilan pimpinan pondok pesantren dari seluruh wilayah Indonesia dapat mengikuti kegiatan ini," kata Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki, di Jakarta, Selasa, 21 Juni 2016.

Bangunkan Sahur Gunakan Suara Tak Pantas Remaja Masjid dan Santri di Tangerang Ribut

Dubes Tanizaki mengatakan, akan ada proses yang cukup panjang untuk memastikan siapa saja yang akan terpilih. 

Seleksi tersebut akan dilakukan dalam bentuk wawancara pada akhir Agustus sampai awal September 2016. 

Begini Bengisnya AB dan R Aniaya Santri di Jambi hingga Tewas

Adapun, kegiatan yang akan dilakukan dalam kunjungan tersebut antara lain seperti home stay, kunjungan ke sekolah di Jepang, kunjungan ke kuil dan tempat-tempat pelatihan kebudayaan.

"Nantinya para pimpinan pondok pesantren tersebut akan berada di Jepang selama 10 hari, dan diberi kesempatan untuk berkunjung ke perkumpulan muslim yang ada di Jepang. Saat ini, hampir di setiap provinsi di Jepang bisa ditemukan tempat ibadah bagi umat muslim untuk menjalankan sholat," ujarnya.

Menurutnya, bagi Jepang sangat penting untuk membuat jaringan atau membangun persahabatan dengan organisasi Islam di Indonesia, sehingga hubungan kedua negara juga semakin kuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya