AS Kecam Peluncuran Rudal Balistik Korut

Kim Jong-un, saat mengawasi uji coba misil Korea Utara.
Sumber :
  • Reuter/KCNA

VIVA.co.id –  Juru bicara Gedung Putih John Kirby menyesalkan tindakan Korea Utara yang kembali menembakkan dua rudal balistiknya. Melalui siaran pers yang dikeluarkan pada Selasa, 21 Juni 2016, AS melalui John Kirby mengutuk langkah Korea Utara tersebut.

Juru Bicara Gedung Putih Positif COVID-19 padahal Sempat Bertemu Biden

Gedung Putih mengaku telah mendapat laporan soal aksi Korea Utara menembakkan dua rudal balistiknya. Saat ini Gedung Putih sedang memantau dan terus menilai situasi berkoordinasi dengan sekutu regional kami dan mitra.

"Kami sangat mengutuk dan tes rudal Korea Utara lainnya baru-baru ini, yang melanggar Dewan Keamanan PBB Resolusi eksplisit melarang peluncuran Korea Utara menggunakan teknologi rudal balistik," tulis John Kirby dalam pernyataannya melalui rilis yang diterima VIVA.co.id pada Rabu, 22 Juni 2016.

Gedung Putih Masih Wajibkan Pakai Masker di Gedung Federal

Bagi Gedung Putih, apa yang dilakukan Korea Utara adalah sebuah provokasi yang akhirnya meningkatkan tekad internasional untuk melawan kegiatan Korea Utara yang sudah jelas-jelas dilarang, termasuk melaksanakan sanksi dari Dewan Keamanan PBB.

"Kami berniat untuk meningkatkan kekhawatiran kami di PBB untuk memperkuat tekad internasional untuk meminta DPRK bertanggung jawab atas tindakan-tindakan provokatif," demikian tertulis dalam pernyataan tersebut.

Gedung Putih Kirim Tim Khusus Perangi COVID Delta yang Amat Menular

Selain mengutuk Korea Utara, Gedung Putih juga berjanji untuk tetap mengetatkan pertahanan Korea Selatan dan Jepang dalam menghadapi ancaman Korea Utara, baik melalui serangan atau provokasi.

Selanjutnya, Gedung Putih juga meminta Korea Utara untuk menahan diri dari tindakan yang lebih meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut dan fokus untuk mengambil langkah-langkah konkret menuju memenuhi komitmen dan kewajiban internasional.

Sebuah pesawat American Airlines terlihat di Bandara Internasional John Kennedy

Maskapai AS Desak Gedung Putih Cabut Aturan Tes COVID-19

Maskapai penerbangan, kalangan bisnis dan asosiasi perjalanan mendesak pemerintah Amerika Serikat untuk mencabut aturan tes COVID-19 sebelum keberangkatan.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2022