Hujan Deras di India, 79 Orang Tewas Tersambar Petir

Ilustrasi banjir di India.
Sumber :
  • Reuters/Stringer

VIVA.co.id – Musim hujan identik dengan banjir dang longsor. Musim hujan di India, juga identik dengan petir yang berbahaya.

Seandainya Militer China Perang Udara Lawan India, Siapa yang Menang?

Otoritas India mengatakan sebanyak 79 orang tewas karena tersambar petir di negara bagian India, Bihar, Jharkhand dan Madhya Pradesh. Lima puluh tiga orang tewas di Bihar, sepuluh orang tewas di negara bagian Timur Jharkhand, dan setidaknya 16 tewas di Madhya Pradesh.
 
Dilansir dari laman BBC, Rabu, 22 Juni 2016. sebagian korban sambaran petir itu adalah mereka yang bekerja di peternakan pada saat hujan turun dengan lebat pada hari Selasa, 21 Juni 2016. Peristiwa alam berupa sambaran petir seperti itu umum ditemukan di India selama terjadi hujan lebat.

Di Bihar, kematian terjadi di Nalanda, Aurangabad, Rohtas, Purnea, Munger, Gaya, Saharsa, Bhagalpur, Banka dan Kaimur. Menurut Biro Bencana Nasional, setidaknya 2.000 orang tewas dalam sambaran petir di India setiap tahun sejak tahun 2005.

MUI Kecam Keras India Atas Kekerasan Terhadap Umat Muslim

Selama musim hujan, India menerima 80 persen curah hujan yang berlangsung antara bulan Juni dan September. Keadaan ini sangat berbanding terbalik dengan gelombang panas yang terjadi di India pada bulan April. Setidaknya 330 juta orang di India terkena dampak kekeringan, akibat gelombang panas yang terus meningkat hingga 40 derajat celcius pada pertengahan April 2016 kemarin.

Source : Republika

Hubungan Hindu-Muslim di India Memburuk, Sejak Kapan?

India adalah rumah bagi sekitar dua ratus juta Muslim.

img_title
VIVA.co.id
21 Agustus 2020