Presiden Turki Buka Puasa Bersama dengan Artis Transgender

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.
Sumber :
  • REUTERS/Kayhan Ozer/Presidential Press Office/Handout via Reuters

VIVA.co.id – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, awal pekan ini mengadakan buka puasa bersama dengan selebriti transgender terkenal di Turki. Acara buka puasa bersama itu dilakukan hanya selang beberapa jam setelah polisi anti huru hara di Istanbul membubarkan parade kaum LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender).

Turki Serukan Tekanan Besar ke Israel Untuk Mematuhi Tuntutan Gencatan Senjata PBB

Diberitakan oleh The Guardian, Rabu, 22 Juni 2016, Erdogan bersama istrinya, Emine Erdogan, buka puasa bersama pada hari Minggu dengan sekelompok seniman termasuk aktor Bulent Ersoy. Foto yang beredar menunjukkan keduanya berbagi makanan bersama "Sang Diva", nama panggung Ersoy, di kediaman Erdogan. Ersoy, yang kini berusia 64 tahun,  menjalani operasi ganti kelamin di London pada sekitar tahun 1980-an.

Sebelumnya, pada hari Minggu, 19 Juni 2016, polisi anti huru hara Istanbul menembakkan peluru karet dan gas air mata untuk mencegah berlangsungnya acara kelompok LGBT itu dengan alasan saat ini merupakan bulan suci Ramadhan. Ratusan polisi anti huru-hara mengepung Taksim Square, di mana demonstrasi telah dilarang terjadi disana sejak dilakukannya aksi unjuk rasa anti-pemerintah pada 2013.

Turki Akan Melancarkan Operasi Militer Melawan Irak Bulan Ini, Ada Apa?

Para demonstran membentangkan bendera pelangi, simbol komunitas LGBT, dan mencoba untuk membacakan pernyataan tetapi dicegah oleh polisi. Otoritas Istanbul mengatakan, mereka telah melarang parade tahunan itu pada tanggal 26 Juni untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum setelah serangkaian pemboman di Turki selama tahun lalu.

(ren)

Erdogan Beri Sinyal Mundur dari Politik: Ini Pemilu Terakhir Saya
VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Pertama Dalam 20 Tahun, Partai Presiden Erdogan Kalah dalam Pilkada Turki

Pertama kalinya dalam 20 tahun, partai presiden Turki Erdogan Partai Keadilan dan Pembangunan, kalah dalam pilkada bulan lalu dan pihak opisisi menyatakan kemenangannya d

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024