TUTUP
TUTUP
DUNIA

Usai Hasil Brexit, Paus Francis Ingatkan Balkanisasi Eropa

Keluarnya Inggris memantik Skotlandia dan Catalonia untuk pisah.
Usai Hasil Brexit, Paus Francis Ingatkan Balkanisasi Eropa
Paus Francis. (REUTERS/Andreas Solaro/Pool)

VIVA.co.id – Pemimpin Vatikan Paus Francis memperingatkan adanya Balkanisasi Eropa, menyusul keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa, sesuai hasil Brexit.

Ia juga mendesak blok tersebut untuk memetakan cara baru ke depannya, dengan memberikan negara-negara anggota kebebasan yang lebih besar.

"Kami harus bangkit dengan kesatuan yang baru," kata Paus Francis, usai kunjungannya ke Armenia, seperti dilansir dari situs Channel News Asia, Senin, 27 Juni 2016.

Paus memperingatkan bahwa negara seperti Skotlandia dan wilayah Catalonia Spanyol juga bisa terpengaruh untuk memisahkan diri, setelah hasil Brexit.

Kondisi ini, yang menurut Paus, bisa menyebabkan Balkanisasi di Eropa.

"Blok Eropa harus memulihkan kekuatannya dengan cara lebih terbuka. Artinya, blok ini harus memberi lebih banyak kemerdekaan dan kebebasan untuk negara-negara di Uni Eropa," ujar dia.

Berbicara kepada wartawan dalam perjalanan ke Yerevan, Ibu kota Armenia, Paus mengatakan Eropa memiliki kewajiban untuk menjaga semua warganya.

"Ini membutuhkan tanggung jawab yang besar untuk menjamin kesejahteraan rakyat Inggris, serta kesejahteraan dan eksistensi seluruh Benua Eropa," katanya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP