Usai Hasil Brexit, Paus Francis Ingatkan Balkanisasi Eropa

Paus Francis.
Sumber :
  • REUTERS/Andreas Solaro/Pool

VIVA.co.id – Pemimpin Vatikan Paus Francis memperingatkan adanya Balkanisasi Eropa, menyusul keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa, sesuai hasil Brexit.

Paus Fransiskus Punya Mobil Dinas Canggih, Berbahan Bakar Hidrogen

Ia juga mendesak blok tersebut untuk memetakan cara baru ke depannya, dengan memberikan negara-negara anggota kebebasan yang lebih besar.

"Kami harus bangkit dengan kesatuan yang baru," kata Paus Francis, usai kunjungannya ke Armenia, seperti dilansir dari situs Channel News Asia, Senin, 27 Juni 2016.

Saat Paus Dikasih Baju Astronaut Istimewa

Paus memperingatkan bahwa negara seperti Skotlandia dan wilayah Catalonia Spanyol juga bisa terpengaruh untuk memisahkan diri, setelah hasil Brexit.

Kondisi ini, yang menurut Paus, bisa menyebabkan Balkanisasi di Eropa.

Inggris Tolak Bayar Biaya Brexit 100 Miliar Euro

"Blok Eropa harus memulihkan kekuatannya dengan cara lebih terbuka. Artinya, blok ini harus memberi lebih banyak kemerdekaan dan kebebasan untuk negara-negara di Uni Eropa," ujar dia.

Berbicara kepada wartawan dalam perjalanan ke Yerevan, Ibu kota Armenia, Paus mengatakan Eropa memiliki kewajiban untuk menjaga semua warganya.

"Ini membutuhkan tanggung jawab yang besar untuk menjamin kesejahteraan rakyat Inggris, serta kesejahteraan dan eksistensi seluruh Benua Eropa," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya