Italia Selamatkan Ribuan Migran dalam Sepekan

Migran menunggu dalam kapal di pelabuhan Augusta, Sisilia, Italia.
Sumber :
  • REUTERS/Antonio Parrinello

VIVA.co.id – Personel Angkatan Laut bekerjasama dengan Pasukan Penjaga Pantai Italia telah menyelamatkan lebih dari 3.300 migran di 26 operasi terpisah di Perairan Mediterania selama akhir pekan.

Sinergi Bea Cukai Teluk Nibung dan Imigrasi Amankan Imigran Gelap di Peraian Tanjung Jumpul

Seorang juru bicara AL Italia mengatakan, migran tersebut diangkut dalam 25 sampan dan satu perahu, yang berasal dari pantai utara Libya.

Sementara itu, melansir kantor berita Reuters, Senin, 27 Juni 2016, saat melakukan kegiatan penyelamatan, petugas menemukan satu orang dewasa tewas dan empat migran terluka cukup parah.

Ratusan PMI di Inggris Diduga Jadi Imigran Gelap, Mahfud MD Didesak Bantu

Para korban kemudian dibawa dengan helikopter ke rumah sakit terdekat di Pulau Lampedusa.

Italia sebagai negara yang berada di garis depan dalam menangani krisis imigrasi terburuk di Eropa, sejak Perang Dunia II.

Cegah Migrasi Ilegal, Turkiye Wajibkan Pelancong Miliki Asuransi Perjalanan

Hingga kini, migran yang berdatangan dari wilayah Afrika Utara masih terus terjadi dalam jumlah yang cukup besar setiap minggunya.

Kementerian Dalam Negeri Italia mencatat, sekitar 60 ribu migran telah datang ke Italia tahun ini dengan menggunakan perahu.

Sedangkan, menurut Organisasi Migrasi Internasional (IOM), lebih dari 3.700 migran meninggal di Mediterania tahun lalu.

Pada Jumat pekan lalu, petugas pantai Italia juga menyelamatkan lebih dari 2.000 orang dari kapal yang penuh sesak oleh migran.

Kondisi cuaca yang membaik di Mediterania telah mendorong lebih banyak migran dan penyelundup manusia mencoba melakukan penyeberangan, meskipun tahu potensi bahaya di lautan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya