TUTUP
TUTUP
DUNIA

Italia Selamatkan Ribuan Migran dalam Sepekan

Italia negara yang berada di garis depan tangani krisis migran.
Italia Selamatkan Ribuan Migran dalam Sepekan
Migran menunggu dalam kapal di pelabuhan Augusta, Sisilia, Italia. (REUTERS/Antonio Parrinello)

VIVA.co.id – Personel Angkatan Laut bekerjasama dengan Pasukan Penjaga Pantai Italia telah menyelamatkan lebih dari 3.300 migran di 26 operasi terpisah di Perairan Mediterania selama akhir pekan.

Seorang juru bicara AL Italia mengatakan, migran tersebut diangkut dalam 25 sampan dan satu perahu, yang berasal dari pantai utara Libya.

Sementara itu, melansir kantor berita Reuters, Senin, 27 Juni 2016, saat melakukan kegiatan penyelamatan, petugas menemukan satu orang dewasa tewas dan empat migran terluka cukup parah.

Para korban kemudian dibawa dengan helikopter ke rumah sakit terdekat di Pulau Lampedusa.

Italia sebagai negara yang berada di garis depan dalam menangani krisis imigrasi terburuk di Eropa, sejak Perang Dunia II.

Hingga kini, migran yang berdatangan dari wilayah Afrika Utara masih terus terjadi dalam jumlah yang cukup besar setiap minggunya.

Kementerian Dalam Negeri Italia mencatat, sekitar 60 ribu migran telah datang ke Italia tahun ini dengan menggunakan perahu.

Sedangkan, menurut Organisasi Migrasi Internasional (IOM), lebih dari 3.700 migran meninggal di Mediterania tahun lalu.

Pada Jumat pekan lalu, petugas pantai Italia juga menyelamatkan lebih dari 2.000 orang dari kapal yang penuh sesak oleh migran.

Kondisi cuaca yang membaik di Mediterania telah mendorong lebih banyak migran dan penyelundup manusia mencoba melakukan penyeberangan, meskipun tahu potensi bahaya di lautan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP