TUTUP
TUTUP
DUNIA

Gubernur Sulu: Pemerintah Filipina Gagal Tumpas Abu Sayyaf

Pemerintah harus pikirkan bagaimana caranya entaskan kemiskinan.
Gubernur Sulu: Pemerintah Filipina Gagal Tumpas Abu Sayyaf
Pasukan militer Filipina. (REUTERS/Romeo Ranoco)

VIVA.co.id – Gubernur Provinsi Sulu, Abdusakur Tan II, menegaskan bahwa strategi perang total yang dijalankan pemerintah Filipina telah gagal "memusnahkan" kelompok militan Abu Sayyaf. Menurut dia, pengentasan kemiskinan adalah strategi yang tepat untuk menghilangkan gerakan separatis maupun militan di Filipina Selatan.

"Terjadi ketimpangan ekonomi antara Utara (Luzon) dengan Selatan (Mindanao). Mereka (pemerintah) gagal membasmi Abu Sayyaf dengan kebijakan 'perang habis-habisan'. Intinya, bukan itu tapi perangi kemiskinan," kata Tan, seperti dikutip dari situs Philstar, Senin, 27 Juni 2016.

Ia yakin Abu Sayyaf tidak akan pernah berhenti untuk menculik sandera, baik asing maupun lokal, lalu meminta tebusan.

Tan juga tak menampik adanya laporan bahwa terdapat sekelompok masyarakat yang menjadi "kaki tangan" kelompok bersenjata tersebut.

"Pemerintah harus tahu dan melihat langsung apa yang diinginkan masyarakat. Sekali lagi, kita perlu mengatasi kemiskinan yang menjadi pemicu pemberontakan. Soal ada simpatisan untuk Abu Sayyaf, saya melihatnya sebagai tanda kecewa atas layanan pemerintah," ungkapnya.

Sulu merupakan provinsi yang beribukotakan Jolo. Provinsi ini merupakan bagian dari Otonomi Muslim Mindanao di Filipina Selatan. Sebelumnya, rumah Tan telah dua kali "dititipkan" sandera asal Indonesia oleh Abu Sayyaf pada Maret dan Mei lalu.

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP