Warga Jerman Tolak Referendum

Kanselir Jerman Angela Merkel.
Sumber :
  • REUTERS/Fabrizio Bensch

VIVA.co.id – Ternyata referendum tak menarik minat warga Jerman. Hanya satu dari tiga warga Jerman yang menyatakan ingin melakukan referendum.

Uni Eropa di Persimpangan Jalan

Merujuk pada hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Emnid Research Institute, media Jerman Bild am Sonntag menyampaikan, 29 persen responden mendukung referendum seperti Brexit, tapi 63 persen lainnya menolak.

Dikutip dari Sputnik News, Minggu, 27 Juni 2016, jajak pendapat itu juga menyertakan kesimpulan, 63 persen warga Jerman menyesalkan keluarnya Inggris dari Uni Eropa, dan hanya 11 persen melihatnya sebagai evaluasi positif. Tapi, sebanyak 70 persen responden sepakat bahwa Uni Eropa harus direformasi.

Paris Bersiap Jadi Pusat Keuangan Eropa

Inggris melaksanakan referendum untuk mengambil keputusan, apakah akan bertahan atau keluar dari Uni Eropa pada 23 Juni 2016. Merujuk pada hasil akhir, 17, 4 juta warga Inggris mendukung Brexit, sedangkan 16,1 juta orang menolaknya.

Pada Sabtu, sebuah petisi yang meminta referendum Finlandia dari keanggotaan Uni Eropa juga diluncurkan oleh Partai Nasionalis Finlandia. Sejauh ini, kampanye tersebut telah berhasil mengumpulkan lebih dari 10.000 tanda tangan.

Ribuan Warga Inggris Unjuk Rasa Tolak Brexit

Di hari yang sama, kelompok sayap kanan Slovakia, yang dimotori oleh Partai Rakyat juga meminta referendum seperti yang dilakukan Inggris. Sementara itu, pemimpin Partai Nasional Prancis, Marine Le Pen, mengatakan usulan referendum yang diajukan partainya telah ditolak oleh Presiden Francois Hollande.

George Soros

Miliarder Ini Tawarkan Solusi Penyelamatan Uni Eropa

Tawaran itu disampaikan kepada Dewan Eropa.

img_title
VIVA.co.id
30 Mei 2018