TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Warga Jerman Tolak Referendum

Namun mereka sepakat, Uni Eropa perlu direformasi.
Warga Jerman Tolak Referendum
Kanselir Jerman Angela Merkel. Warga Jerman ternyata tak terpengaruh oleh referendum yang dilakukan Inggris. (REUTERS/Fabrizio Bensch)

VIVA.co.id – Ternyata referendum tak menarik minat warga Jerman. Hanya satu dari tiga warga Jerman yang menyatakan ingin melakukan referendum.

Merujuk pada hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Emnid Research Institute, media Jerman Bild am Sonntag menyampaikan, 29 persen responden mendukung referendum seperti Brexit, tapi 63 persen lainnya menolak.

Dikutip dari Sputnik News, Minggu, 27 Juni 2016, jajak pendapat itu juga menyertakan kesimpulan, 63 persen warga Jerman menyesalkan keluarnya Inggris dari Uni Eropa, dan hanya 11 persen melihatnya sebagai evaluasi positif. Tapi, sebanyak 70 persen responden sepakat bahwa Uni Eropa harus direformasi.

Inggris melaksanakan referendum untuk mengambil keputusan, apakah akan bertahan atau keluar dari Uni Eropa pada 23 Juni 2016. Merujuk pada hasil akhir, 17, 4 juta warga Inggris mendukung Brexit, sedangkan 16,1 juta orang menolaknya.

Pada Sabtu, sebuah petisi yang meminta referendum Finlandia dari keanggotaan Uni Eropa juga diluncurkan oleh Partai Nasionalis Finlandia. Sejauh ini, kampanye tersebut telah berhasil mengumpulkan lebih dari 10.000 tanda tangan.

Di hari yang sama, kelompok sayap kanan Slovakia, yang dimotori oleh Partai Rakyat juga meminta referendum seperti yang dilakukan Inggris. Sementara itu, pemimpin Partai Nasional Prancis, Marine Le Pen, mengatakan usulan referendum yang diajukan partainya telah ditolak oleh Presiden Francois Hollande.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP