Kotak Hitam EgyptAir Berhasil Diperbaiki

Perekam data penerbangan milik EgyptAir.
Sumber :
  • EGYPTIAN AVIATION MINISTRY via Reuters ATTENTION EDITORS

VIVA.co.id – Pihak penyidik Mesir, menyatakan kotak hitam, atau blackbox maskapai EgyptAir MS804 yang jatuh di perairan Mediterania telah berhasil diperbaiki.

Data Kotak Hitam EgyptAir Berhasil Diunduh

Perekam data penerbangan ini akan membuka jalan bagi peneliti untuk menganalisis data penyebab pesawat yang jatuh pada Mei lalu.

Seperti diberitakan kantor berita Reuters, Selasa 28 Juni 2016, para peneliti menyatakan kotak hitam yang berisi rekaman suara kokpit pesawat nahas itu akan mulai diselidiki dalam beberapa jam mendatang.

Kotak Hitam EgyptAir Selesai Diperbaiki

Sebelumnya, kotak hitam telah dibawa ke Paris, Prancis dari Kairo, Mesir pada Senin kemarin, untuk menghilangkan endapan garam. Setelah diperbaiki, kotak hitam akan dikirim kembali ke laboratorium di Kairo, untuk dianalisa lebih lanjut.

Selama satu bulan sejak kecelakaan itu terjadi, operasi besar-besaran telah diluncurkan untuk menemukan puing dan potongan badan pesawat di perairan Mediterania, sebelum akhirnya perekam data penerbangan dan perekam suara kokpit itu ditemukan minggu lalu.

Kotak Hitam EgyptAir Mulai Diperiksa

Kendati demikian, penyidik mengatakan, terlalu dini untuk menentukan apa yang menjadi penyebab jatuhnya pesawat, dalam hal ini serangan teror bisa saja menjadi penyebab kecelakaan.

Pesawat airbus A320 yang terbang dari Paris ke Kairo itu diketahui menghilang dari layar radar, saat berada di sekitar langit Yunani dan pantai utara Mesir pada 19 Mei, di mana pesawat tersebut membawa 66 orang di dalamnya. (asp)

Pesawat EgyptAir.

Puing Pesawat Ditemukan di Israel, Diduga Milik EgyptAir

Puing pesawat tersebut diserahkan ke pemerintah Mesir.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2016