TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Meksiko Dilanda Gempa Bumi 5,7 SR

Mendagri Meksiko mengaku tidak ada laporan kerusakan pasca-gempa.
Meksiko Dilanda Gempa Bumi 5,7 SR
Warga Meksiko keluar dari bangunan saat gempa bumi turut getarkan Ibu Kota Mexico City. (REUTERS/Edgard Garrido)

VIVA.co.id – Gempa berkekuatan 5,7 skala richter (SR) melanda negara bagian Oaxaca, Meksiko bagian selatan, pada Senin malam waktu setempat. Kekuatan gempa yang cukup besar itu terasa sampai ke Ibu kota Mexico City.

Menurut US Geological Survey (USGS), gempa terjadi di 10 kilometer utara dari kota Pinotepa de Don Luis, pada kedalaman 6 mil. Namun para pejabat setempat melaporkan tidak ada kerusakan yang dialami.

"Rasanya cukup mengerikan dan sangat kuat. Saya sempat merasakan getaran sekitar dua sampai tiga menit," kata seorang resepsionis hotel di Oaxaca, Meksiko, seperti dikutip dari Reuters, Selasa, 28 Juni 2016.

Menurut laporan, kekuatan gempa terasa hingga lebih dari 360 km di Mexico City, di mana beberapa kantor sempat dievakuasi untuk meminimalisir korban akibat gempa.

Meski demikian, melalui akun twitter-nya, Menteri Dalam Negeri Meksiko, Miguel Angel Osorio Chong mengatakan tidak ada laporan kerusakan pasca-gempa.

"Perwakilan kami di seluruh wilayah negara telah melaporkan bahwa tidak ada kerusakan akibat gempa," kata Felipe Reyna, koordinator layanan darurat di Oaxaca.

Sebelumnya, pada April 2016, lepas pantai Meksiko diguncang gempa sebesar 5,9 SR. Gempa tersebut terjadi di 108 kilometer (67 mil) sebelah barat daya Suchiate, negara bagian Chiapas, dengan kedalaman 10 kilometer.

Sementara itu, gempa terbesar di Meksiko terjadi pada 1985 yang berkekuatan 8,1 SR. Gempa pada 19 September 1985 itu melanda beberapa negara bagian di Meksiko dan Mexico City menyebabkan kematian sedikitnya 10 ribu orang dan kerusakan serius.

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP