TUTUP
TUTUP
DUNIA

ISIS Eksekusi Lima Wartawan Suriah

Mereka diculik pada Oktober 2015 saat meliput pengepungan wilayah.
ISIS Eksekusi Lima Wartawan Suriah
Perang Suriah, sudah lima tahun dan tak kunjung usai. (Reuters/Omar Sanadiki)

VIVA.co.id – Kelompok ISIS (Daulah Islamiyah Irak dan al-Syam) merilis sebuah video yang menampilkan eksekusi terhadap lima wartawan Suriah. Menurut laporan Syrian Observatory of Human Rights (SOHR), kelimanya diculik pada Oktober 2015.

Berdasarkan laporan tersebut diketahui bahwa kelima jurnalis telah dibunuh dua bulan setelah diculik, setelah meliput peristiwa di wilayah kepungan ISIS, Deir eel-Zor, di Suriah Timur.

Selain menunjukkan proses eksekusi, dalam video tersebut terdapat salah satu anggota ISIS yang mengancam keberadaan media dan juga memberi peringatan terhadap "Tentara Salib" dan "Musuh Tuhan."

Melansir situs Independent, Selasa, 28 Juni 2016, pendiri SOHR, Rami Abdurrahman mengatakan bahwa berita penangkapan dan kematian kelima jurnalis tersebut sempat dirahasiakan karena tidak ada mayat yang ditemukan.

Keluarga para aktivis juga sempat mengkhawatirkan pembalasan atas laporan kematian mereka. Menurut SOHR, salah satu aktivis dalam video, Sami Jawdat, sering kali memberikan informasi kepada SOHR sejak perang ISIS pecah sejak 2011.

Abdurrahman mengatakan Jawdat terus memberikan informasi setelah Deir el-Zor dijajah oleh ISIS pada 2014. Jawdat juga dikabarkan sempat beberapa kali ditahan.

Pascakejadian tersebut, pihak SOHR menyarankan aktivis media untuk menahan diri dalam pengambilan foto dan video di daerah kepungan ISIS.

Suriah diketahui menjadi negara mematikan bagi wartawan, di mana setidaknya 95 wartawan tewas di negara itu selama pecahnya perang lima tahun lalu. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP