TUTUP
TUTUP
DUNIA

Tumpas Abu Sayyaf, Malaysia Gabung Indonesia dan Filipina

Malaysia akan kirim pasukan gabungan dari tiga kesatuan.
Tumpas Abu Sayyaf, Malaysia Gabung Indonesia dan Filipina
Ilustrasi/Kelompok Bersenjata Abu Sayyaf. (VIVA.co.id/news.siteintelgroup.com)

VIVA.co.id – Panglima Angkatan Bersenjata Malaysia, Tan Sri Zulkifeli Mohd Zin, mengatakan akan bekerja sama dengan Militer Filipina dan Indonesia untuk bergabung dalam perburuan gerilyawan Abu Sayyaf yang melarikan diri dari Provinsi Sulu, Mindanao, Filipina Selatan.

Sikap Malaysia ini adalah tindak lanjut dari pengerahan 5.000 tentara Filipina di Sulu, pada Jumat lalu, untuk memburu para militan Abu Sayyaf yang memenggal dua sandera Kanada dalam dua bulan terakhir setelah gagal untuk mendapatkan uang tebusan.

"Kami akan bertindak lebih awal untuk menggagalkan setiap upaya oleh militan Abu Sayyaf yang melarikan diri. Malaysia, Indonesia dan Filipina akan bekerja sama erat," kata Zulkifeli, seperti dikutip dari situs Thestar, Selasa, 28 Juni 2016.

Oleh karena itu, pihaknya telah mengerahkan aset pasukan gabungan yang berasal dari kesatuan Angkatan Udara, Kepolisian Diraja serta Badan Penegakan Maritim Malaysia untuk melakukan operasi bersama.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein, direncanakan bertemu dengan Menteri Pertahanan Indonesia dan Filipina untuk segera untuk membahas patroli kerja sama di Laut Sulawesi dan Sulu.

Ia mengatakan, Malaysia mengusulkan model patroli dengan meniru apa yang dilakukan di Selat Malaka. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP