TUTUP
TUTUP
DUNIA

Rodrigo Duterte Dilantik sebagai Presiden Filipina Hari Ini

Programnya selama enam tahun mendatang adalah memerangi kejahatan.
Rodrigo Duterte Dilantik sebagai Presiden Filipina Hari Ini
Presiden terpilih Filipina, Rodrigo Duterte akan dilantik hari ini, Kamis, 30 Juni 2016. (REUTERS/Lean Daval )

VIVA.co.id – Presiden Filipina terpilih Rodrigo Duterte hari ini, Kamis 29 Juni 2016, akan dilantik sebagai presiden ke-16 Republik Filipina. Selama masa kampanye, ia menjanjikan perang terhadap kejahatan sebagai fokus pekerjaan selama enam tahun masa jabatan.

Beberapa program anti-kejahatan yang telah diserukan Duterte antara lain memperkenalkan kembali hukuman mati, mengeluarkan perintah tembak di tempat pelaku kejahatan oleh pihak kepolisian, dan memberikan bonus bagi siapa saja yang bisa menangkap pengedar narkoba.

Selain itu, Presiden berusia 71 tahun itu juga mengatakan akan membatasi kebebasan sosial dengan memberlakukan jam malam untuk anak di bawah umur, dan melarang penjualan alkohol setelah tengah malam.

Seperti diberitakan Inquirer, Kamis, 30 Juni 2016, Duterte telah tiba Kamis pagi di Malacanang, kurang dari dua jam sebelum ia mengambil sumpah. Sebelumnya, Duterte dijadwalkan akan mengadakan pertemuan khusus dengan Presiden Benigno Aquino III di Malacanang.

Duterte yang memenangi pemilihan presiden bulan lalu berjanji akan melawan ribuan penjahat dan bahkan akan membuang mereka ke Manila Bay. Kampanyenya juga tanpa henti menyoroti kegagalan Presiden Aquino, yang dianggap gagal mengatasi kejahatan dan kemiskinan meluas yang dialami oleh banyak orang Filipina.

Duterte juga akan mengakhiri puluhan tahun pemberontakan Muslim dan komunis, yang telah menewaskan puluhan ribu jiwa. Ia kemudian mengharapkan federalisme akan memenangkan hati pemberontak Muslim, yang selama ini menginginkan otonomi.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP