TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Rusia dan Turki Berdamai

Warga Rusia bisa kembali berwisata ke Turki.
Rusia dan Turki Berdamai
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ( REUTERS/Murad Sezer)

VIVA.co.id – Rusia dan Turki akhirnya kembali berdamai. Permintaan maaf  Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, disambut Rusia dengan membuka kran kunjungan wisata kedua negara.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan bahwa ia telah meminta pemerintah untuk memulai proses normalisasi perdagangan umum dan hubungan ekonomi dengan Turki. Putin juga sepakat untuk melalukan perbaikan hubungan dengan Ankara.

"Saya akan memulai dengan permasalahan pariwisata, di mana kita perlu mengangkat pembatasan administratif di daerah ini," kata Putin, seperti diberitakan Al Jazeera, Kamis, 30 Juni 2016.

Perubahan sikap Rusia terjadi beberapa hari setelah Presiden Erdogan menyampaikan penyesalan atas jatuhnya jet Rusia. Melalui sebuah surat kepada Putin yang diserahkan minggu ini, pemimpin Turki itu menyampaikan permintaan maafnya. Pemimpin Rusia kemudian mengatakan surat itu menciptakan kondisi untuk menutup krisis dalam hubungan bilateral.

Hubungan kedua negara memburuk setelah Turki menembak sebuah pesawat perang Rusia dalam kampanye militer Moskow di Suriah tahun lalu. Satu pilot Rusia tewas dan satu orang berhasil diselamatkan. Tindakan Turki memicu kemarahan Rusia. Presiden Rusia melarang warganya berlibur ke Turki, dan menghentikan seluruh aktivitas ekonomi ke Turki. Aksi Rusia membuat Turki lumpuh. Pemasukan Turki dari sektor pariwisata ambruk karena setiap tahunnya pariwisata Turki dipenuhi turis Rusia.

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki mengatakan pariwisata Rusia ke Turki bulan lalu turun lebih dari 90 persen. Secara keseluruhan, pariwisata di Turki turun sekitar 35 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP