TUTUP
TUTUP
DUNIA

Sidang Akhir Presiden Brasil Digelar Sebelum Olimpiade

Jajak pendapat media mengatakan kemungkinan Rousseff bersalah.
Sidang Akhir Presiden Brasil Digelar Sebelum Olimpiade
Presiden Brasil Dilma Rousseff (Reuters)

VIVA.co.id – Senat Brasil dijadwalkan akan mengambil keputusan final atas proses pemakzulan Dilma Rousseff. Keputusan final akan diambil beberapa hari sebelum upacara penutupan Olimpiade di Rio de Janeiro.

Presiden Senat, Renan Calheiros mengatakan, sidang akhir Rousseff akan dilaksanakan sekitar 20 Agustus. Jika terbukti bersalah melanggar aturan anggaran untuk membantu memenangi pemilihan ulang, pemimpin perempuan pertama Brasil itu akan digantikan secara permanen oleh wakilnya, Michel Temer.

"Senat Brasil telah melakukan proses pemakzulan sejak 12 Mei lalu dan keputusan final rencananya dilaksanakan sekitar Agustus mendatang. Namun sebelumnya, para saksi diharapkan akan menyajikan temuannya pada rapat pleno pada 9 Agustus," kata Calheiros, seperti diberitakan Reuters, Kamis, 30 Juni 2016.

Beberapa survei yang dilakukan surat kabar menyatakan Rousseff kemungkinan akan dinyatakan bersalah dan diberhentikan dari jabatannya.

Brasil dilanda krisis ekonomi. Dengan ekonominya yang terpukul akibat kemerosotan harga minyak, Rio de Janeiro menyatakan keadaan darurat keuangan bulan ini dan mengimbau pemerintah federal untuk memberikan dukungan anggaran sebesar US$891 juta untuk pelaksanaan olimpiade.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP