TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Obama: Brexit Pengaruhi Pertumbuhan Global

Obama mengimbau Uni Eropa agar proses keluarnya Inggris berjalan baik.
Obama: Brexit Pengaruhi Pertumbuhan Global
Presiden Amerika Serikat, Barack Obama (REUTERS/Kevin Lamarque)

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan, keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa (Brexit) akan menimbulkan permasalahan jangka panjang terhadap pertumbuhan global. Menurut Obama, Brexit akan membekukan investasi di Britania Raya dan di Eropa secara keseluruhan.

Dalam hal ini, Obama mengimbau Perdana Menteri Inggris dan para pemimpin Uni Eropa lainnya untuk memastikan proses yang teratur atas keluarnya Inggris, agar berjalan dengan baik. Sebelumnya, para pemimpin Uni Eropa mengingatkan bahwa Inggris harus menghormati prinsip pergerakan bebas,jika ingin mempertahankan akses ke pasar tunggal.

Dalam pertemuan tingkat tinggi di Ottawa dengan pemimpin Kanada dan Meksiko, yang bertujuan untuk memperkuat hubungan ekonomi antara negara Amerika Utara, Obama mengatakan persiapan bank sentral dan menteri keuangan menunjukkan bahwa ekonomi global dalam jangka pendek akan terus bergerak stabil.

"Namun saya berpikir ada beberapa kekhawatiran jangka panjang tentang pertumbuhan global jika pada kenyataannya Brexit akan mengakibatkan pembekuan investasi di Britania Raya dan Eropa. Jika pertumbuhan global melemah maka hal ini tidak membantu," ujar Obama, seperti dikutip dari BBC, Kamis, 30 Juni 2016.

Obama juga dengan tegas memperkuat perdagangan bebas dan berjanji akan menekan rencana Trans Pacific Partnership. Ia juga meminta semua pihak untuk menjalani proses yang sulit dan menantang ini dengan baik, agar bisa terselesaikan.

Beberapa hari lalu, para pemimpin dari 27 negara Uni Eropa bertemu di Brussels tanpa kehadiran Inggris untuk pertama kalinya dalam 40 tahun terakhir.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP