Obama: Brexit Pengaruhi Pertumbuhan Global

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lamarque

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan, keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa (Brexit) akan menimbulkan permasalahan jangka panjang terhadap pertumbuhan global. Menurut Obama, Brexit akan membekukan investasi di Britania Raya dan di Eropa secara keseluruhan.

Resident in UK Can Only Buy Three Tomatoes, Peppers and Cucumbers

Dalam hal ini, Obama mengimbau Perdana Menteri Inggris dan para pemimpin Uni Eropa lainnya untuk memastikan proses yang teratur atas keluarnya Inggris, agar berjalan dengan baik. Sebelumnya, para pemimpin Uni Eropa mengingatkan bahwa Inggris harus menghormati prinsip pergerakan bebas,jika ingin mempertahankan akses ke pasar tunggal.

Dalam pertemuan tingkat tinggi di Ottawa dengan pemimpin Kanada dan Meksiko, yang bertujuan untuk memperkuat hubungan ekonomi antara negara Amerika Utara, Obama mengatakan persiapan bank sentral dan menteri keuangan menunjukkan bahwa ekonomi global dalam jangka pendek akan terus bergerak stabil.

Tak Kunjung Dapat Pekerjaan, Thomas Tuchel Terancam Diusir dari Inggris

"Namun saya berpikir ada beberapa kekhawatiran jangka panjang tentang pertumbuhan global jika pada kenyataannya Brexit akan mengakibatkan pembekuan investasi di Britania Raya dan Eropa. Jika pertumbuhan global melemah maka hal ini tidak membantu," ujar Obama, seperti dikutip dari BBC, Kamis, 30 Juni 2016.

Obama juga dengan tegas memperkuat perdagangan bebas dan berjanji akan menekan rencana Trans Pacific Partnership. Ia juga meminta semua pihak untuk menjalani proses yang sulit dan menantang ini dengan baik, agar bisa terselesaikan.

Serikat pekerja Irlandia Utara Adakan Parade di Tengah Krisis Politik

Beberapa hari lalu, para pemimpin dari 27 negara Uni Eropa bertemu di Brussels tanpa kehadiran Inggris untuk pertama kalinya dalam 40 tahun terakhir.

Gerbang Tol Brebes Timur

Mengingat Momen Mudik Maut di Brebes Exit Tahun 2016, Belasan Orang Tewas

Sepanjang sejarah mudik, barangkali tahun 2016 yang paling berdarah. Kemacetan di pintu keluar Tol Brebes Timur atau Brebes Exit (Brexit) tahun 2016 jadi momen terburuk

img_title
VIVA.co.id
20 April 2023