TUTUP
TUTUP
DUNIA

Arab Saudi Siapkan Gelang Elektronik Demi Keselamatan Jemaah

Gelang itu akan langsung terhubung ke GPS
Arab Saudi Siapkan Gelang Elektronik Demi Keselamatan Jemaah
Jemaah haji di Mina. (theguardian.com)

VIVA.co.id – Pemerintah Arab Saudi mengumumkan rencana untuk memperkenalkan gelang identifikasi elektronik bagi semua peziarah menuju Mekkah. Ini bagian dari jaminan keselamatan bagi para jemaah.

Gelang yang berisi informasi pribadi dan medis ini akan membantu pihak berwenang untuk memberikan perawatan serta mengidentifikasi para jamaah Haji. Selain itu, gelang yang tahan air dan terhubung ke GPS ini juga akan dilengkapi fitur yang mengintruksikan waktu sholat dan tools dalam berbagai bahasa, untuk membantu peziarah dari berbagai negara saat melaksanakan ibadah.

Setiap tahun, jutaan umat Islam melakukan perjalanan ke Mekkah dan Madinah, situs suci umat Islam, yang berada di bawah tatanan pemerintahan Arab Saudi.

Seperti dilansir Al Jazeera, Jumat, 1 Juli 2016, pihak berwenang mengatakan bahwa tahun lalu sebanyak 769 jemaah meninggal karena terinjak-injak saat berada di terowongan Mina. Insiden yang tak jelas penyebabnya ini terjadi, ketika ribuan peziarah berkumpul di sebuah persimpangan jalan. Sebagian besar korban tersebut merupakan warga negara Iran.

Untuk mengatasi masalah keamanan, hampir seribu kamera baru telah dipasang di Masjidil Haram yang akan digunakan untuk membantu pemantauan gerakan peziarah.

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP