TUTUP
TUTUP
DUNIA

Kanada Kerahkan 1.000 Tentara ke Latvia, Dukung NATO

NATO membantah pengerahan pasukan tersebut untuk menghadapi Rusia.
Kanada Kerahkan 1.000 Tentara ke Latvia, Dukung NATO
Bendera NATO. (www.breitbart.com)

VIVA.co.id – Kanada akan mengerahkan 1.000 tentara di Latvia. Pasukan ini akan menjadi  salah satu dari empat batalyon pasukan Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Eropa bagian timur.

Bersamaan dengan Amerika Serikat, Inggris dan Jerman, Kanada juga akan membangun dan memimpin pasukan setingkat brigade, yang akan berkontribusi untuk meningkatkan kehadiran NATO di Eropa timur dan tengah. Kementerian Pertahanan Kanada mengatakan, rincian lebih lanjut mengenai hal ini akan diberikan pada pertemuan puncak NATO di Polandia, bulan depan.

"Sebagai mitra yang bertanggung jawa di dunia, Kanada berdiri berdampingan dengan para sekutu NATO, yang bekerja untuk menghalangi agresi dan menjamin perdamaian serta stabilitas di Eropa," kata Menteri Pertahanan Harjit Sajjan, seperti diberitakan The Guardian, Jumat 1 Juli 2016.

Keputusan ini datang sehari setelah Presiden AS Barack Obama menantang Kanada  berbuat lebih banyak untuk mendukung NATO. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Obama dalam pidatonya di parlemen Kanada.

Pasukan Kanada akan bergabung dengan 4.000 tentara NATO yang telah tersebar di negara-negara Baltik dan Polandia, untuk membantu mencegah ancaman Kremlin setelah tindakannya di Krimea dan memicu konflik militer di timur Ukraina.

Penyebaran pasukan yang diperkirakan akan selesai tahun depan, diharapkan akan dikonfirmasi pada pertemuan puncak bulan depan di Warsawa, Ibu kota Polandia.

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP