TUTUP
TUTUP
DUNIA

Rudal Taiwan Tak Sengaja Hantam Kapal China

Kapten kapal tewas akibat ledakan rudal tersebut.
Rudal Taiwan Tak Sengaja Hantam Kapal China
Presiden Taiwan terpilih, Tsai Ing-wen (reuters.com)

VIVA.co.id –  Angkatan Laut Taiwan keliru meluncurkan sebuah rudal supersonic dari pangkalan Angkatan Laut mereka. Akibatnya sebuah kapal nelayan China menjadi sasaran tembak.

Taiwan's Central News Agency melaporkan, sebuah kapal patroli sedang melakukan inspeksi di Kaohsiung ketika rudal Hsiung Feng III tanpa sengaja diluncurkan. Rudal tersebut mengarah langsung ke daratan China, dan mengenai perahu nelayan di Kepulauan Penghu.

Menurut Departemen Pertahanan, kapten kapal yang juga warga Taiwan tewas, dan tiga awak kapal selain kapten mengalami luka-luka. Rudal tersebut dikabarkan memiliki jangkauan hingga 300 kilometer.

Insiden tersebut terjadi saat China merayakan ulang tahun ke-95 pembentukan Partai Komunis China. Saat ditanya wartawan apakah insiden itu akan memengaruhi hubungan dengan Beijing, Wakil Laksamana Mei Chia-hsu mengatakan, Angkatan Laut telah melaporkan ke Kementerian Pertahanan mengenai kasus tersebut.

Ia mengatakan, kasus tersebut sedang diselidiki dan akan ditangani dengan sesuai. Namun, tak jelas apakah Beijing sudah mendapat pemberitahuan secara resmi.

China selalu menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri, dan perlu dipertahankan terus, bahkan jika perlu menggunakan kekerasan. China saat ini dikabarkan memiliki ratusan rudal yang mengarah ke wilayah Taiwan dan siap ditembakkan setiap saat.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, yang juga kepala militer Taiwan saat ini sedang berada di luar negeri. Belum ada penjelasan resmi dari pemerintah Taiwan atas insiden ini.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP