Rudal Taiwan Tak Sengaja Hantam Kapal China

Presiden Taiwan terpilih, Tsai Ing-wen.
Sumber :
  • reuters.com

VIVA.co.id –  Angkatan Laut Taiwan keliru meluncurkan sebuah rudal supersonic dari pangkalan Angkatan Laut mereka. Akibatnya sebuah kapal nelayan China menjadi sasaran tembak.

Siap Bermitra Global, Menlu Taiwan Serukan PBB Terbuka bagi Negaranya

Taiwan's Central News Agency melaporkan, sebuah kapal patroli sedang melakukan inspeksi di Kaohsiung ketika rudal Hsiung Feng III tanpa sengaja diluncurkan. Rudal tersebut mengarah langsung ke daratan China, dan mengenai perahu nelayan di Kepulauan Penghu.

Menurut Departemen Pertahanan, kapten kapal yang juga warga Taiwan tewas, dan tiga awak kapal selain kapten mengalami luka-luka. Rudal tersebut dikabarkan memiliki jangkauan hingga 300 kilometer.

Mahasiswa RI Kerja Paksa di Taiwan, JK: Kita Beda Budaya, Jangan Manja

Insiden tersebut terjadi saat China merayakan ulang tahun ke-95 pembentukan Partai Komunis China. Saat ditanya wartawan apakah insiden itu akan memengaruhi hubungan dengan Beijing, Wakil Laksamana Mei Chia-hsu mengatakan, Angkatan Laut telah melaporkan ke Kementerian Pertahanan mengenai kasus tersebut.

Ia mengatakan, kasus tersebut sedang diselidiki dan akan ditangani dengan sesuai. Namun, tak jelas apakah Beijing sudah mendapat pemberitahuan secara resmi.

Taiwan Akan Sanksi Universitas yang Pekerjakan Paksa Mahasiswa

China selalu menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri, dan perlu dipertahankan terus, bahkan jika perlu menggunakan kekerasan. China saat ini dikabarkan memiliki ratusan rudal yang mengarah ke wilayah Taiwan dan siap ditembakkan setiap saat.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, yang juga kepala militer Taiwan saat ini sedang berada di luar negeri. Belum ada penjelasan resmi dari pemerintah Taiwan atas insiden ini.

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen.

Menang Pemilu, Tsai Ing-wen Kembali Terpilih sebagai Presiden Taiwan

Tsai mengalahkan Han Kuo-yu

img_title
VIVA.co.id
12 Januari 2020