TUTUP
TUTUP
DUNIA

Kota Paling Ramah di Dunia Bagi Penyandang Disabilitas

Tanda-tanda penunjuk jalan menggunakan huruf braille.
Kota Paling Ramah di Dunia Bagi Penyandang Disabilitas
Tanda penunjuk jalan dengan huruf Braille

VIVA.co.id – Tampaknya apa yang dilakukan pemerintah Sydney bisa dijadikan contoh wilayah lainnya. Kepedulian mereka kepada para penyandang disabilitas, sangat tinggi.

Sydney kini memiliki jaringan braille dan tanda tactile paling luas di seluruh dunia. Tanda-tanda penunjuk jalan ini digunakan untuk membantu para pejalan kaki yang memiliki gangguan penglihatan atau penyandang disabilitas.

Dilansir dari ABC, Senin 4 Juli 2016, lebih dari 2.100 tanda braille dan tanda huruf yang diperbesar, telah dipasang di penyeberangan pejalan kaki di wilayah kota Sydney. Dan telah resmi diluncurkan pada Senin, 4 Juli 2016 oleh Walikota Sydney, Lord Mayor Clover Moore, yang mengatakan,"jaringan tactile Sydney terluas di dunia."

Panel aluminium penunjuk nama jalan dan nomor bangunan,  tidak hanya dicetak dalam huruf braille, tapi juga berukuran cukup besar dan lebar.

Tanda tersebut telah ditempatkan di dekat tombol tanda untuk melintas. Salah seorang disabilitas yang biasa menggunakan anjing sebagai pemandu, mengatakan bahwa tanda ini memberikan perbedaan besar bagi mereka yang buta atau tidak mampu melihat dengan baik.

"Tanda ini membantu orang yang terbatas penglihatannya, untuk bisa berjalan di kota dengan aman, mandiri dan percaya diri," ujarnya.

Ia kini mampu mengidentifikasi dimana ia berada saat ini tanpa harus berkonsentrasi pada metode orientasi, seperti menghitung jalan, membuat perjalanannya ke kota lebih menyenangkan.

"Tanda ini mudah ditemukan dan dibaca, baik kamu membaca braille atau huruf yang dicetak besar," katanya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP