Kronologi Bom Bunuh Diri di Madinah

Foto ledakan di markas keamanan Masjid Nabawi
Sumber :
  • REUTERS/Handout

VIVA.co.id – Bom bunuh diri mengguncang Kota Madinah, Arab Saudi Senin waktu setempat. Ledakan terjadi dua kali sesaat setelah Adzan Magrib yang menandakan buka puasa dikumandangkan. 

Sah, Perempuan di Arab Saudi Boleh Nyetir Mobil di Jalanan

Muhammad Zein, seorang mahasiswa Indonesia yang saat terjadi ledakan berada di dekat lokasi kejadian menceritakan, para jemaah tidak mengira dentuman besar yang terdengar saat Adzan berkumandang berasal dari teror bom. 

"Ketika terjadinya ledakan pertama, itu dikira menandakan buka puasa, ketika Haya ala solla terjadi ledakan ledakan kedua dan," ujarnya saat diwawancarai tvOne, Selasa 5 Juli 2016. 

Sepuluh Perempuan Saudi Pertama Akhirnya Dapat SIM

Dia menjelaskan, ledakan pertama terjadi di seberang Masjid Qatif, sekitar 200 meter dari Masjid Nabawi dan ledakan kedua terjadi di kantor keamanan Masjid Nabawi. 

"Jaraknya kurang lebih 200 meteran masjid Khotif ke Nabawi," ujarnya menambahkan. 

Masih Ada 20 WNI di Arab Saudi Terancam Hukuman Mati

Dia memastikan, tidak terjadi kepanikan para  jemaah yang sedang melakukan ibadah di masjid tersebut. Petugas keamanan setempat saat ini masih melakukan investigasi. 

Berdasarkan informasi petugas keamanan setempat, selain menewaskan pelaku bom bunuh diri, kejadian ini menewaskan dua petugas keamanan setempat. 

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya