Wikileaks Siap 'Hukum' Hillary Clinton soal Irak

Kandidat calon Presiden AS dari Partai Demokrat, Hillary Clinton.
Sumber :
  • time.com

VIVA.co.id – Situs penyebar isu, Wikileaks, mengklaim telah mempublikasikan arsip email milik Hillary Clinton. Total ada 1.258 email pribadi yang berisi kebijakan Clinton terkait dengan perang Irak.

Five Famous and Most Dangerous Hackers in the World

Hal ini dipublikasikan melalui akun Twitter resmi Wikileaks. Di dalam cuitan itu disertakan link untuk bisa mengintip ribuan email yang ditulis atau diterima Clinton saat membahas soal Irak, ketika dia masih menjabat sebagai kepala Departemen Pertahanan Amerika.

Dilansir melalui Rt.com, Selasa, 5 Juli 2016, dokumen-dokumen tersebut dinilai Wikileaks merupakan bukti yang cukup untuk bisa mendakwa Clinton. Total ada 50.547 email Clinton yang berhasil dipublikasikan Wikileaks.

Bekas Antek CIA Dibui gara-gara Ungkap Cara Jebol HP hingga TV Pintar

Sebelumnya, Maret lalu, Wikileaks membuka arsip sekitar 30.322 email milik Hillary Clinton dari server email pribadinya, yang pernah ia gunakan saat menjabat sebagai sekretaris negara. Total ada 50.547 halaman dokumen yang berisi korespondensi Clinton dari 30 Juni 2010 hingga 12 Agustus 2014. Dari angka tersebut, sekitar 7.570 dokumen merupakan kiriman Hillary Clinton.

Biro Penyelidik Federal (FBI) sejatinya telah menghabiskan sekitar tiga jam untuk menanyakan kepada Clinton terkait skandal email itu. Namun, seiring dengan akan berlangsungnya pemilihan, pihak biro belum mengeluarkan laporan terkait temuan tersebut.

Hakim Pengadilan London Tolak Ekstradisi Julian Assange ke AS

Banyak pihak yang tidak percaya dengan tuduhan Wikileaks tersebut. Bahkan, Clinton diyakini tidak akan masuk ke ranah hukum akibat tudingan ini.

"Itu tidak akan terjadi. Bagi saya itu adalah hal yang sangat tidak mungkin," ujar Senator Cory Booker dari New Jersey.

Sebelumnya, pendiri Wikileaks, Julian Assange, memperingatkan bahwa Hillary bisa dituntut hukuman dengan mengandalkan dokumen-dokumen yang ada.

"Kami telah mengumpulkan banyak materi tentang Hillary Clinton. Setelah itu, kami bisa lanjut melayangkan tuduhan ke pengadilan," kata Assange.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya