Sambut 4 Juli, Ini Ucapan Rusia pada Amerika Serikat

Warga AS menyaksikan pesta kembang api menyambut hari kemerdekaan negara itu.
Sumber :
  • REUTERS/Eduardo Munoz

VIVA.co.id –  Momentum 4th of July atau hari Kemerdekaan Amerika Serikat dimanfaatkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menyampaikan pesan khususnya kepada Presiden Barack Obama. Putin berharap agar hubungan kedua negara kembali seperti semula.

Robert Mueller Endus Kejahatan Baru Eks Jubir Kampanye Trump

Dilansir dari laman ABC, Selasa, 5 Juli 2016, dalam pesannya Putin mengingatkan mengenai sejarah kedua negara dan mengaku yakin keduanya suatu saat nanti mampu memecahkan masalah internasional demi kedua bangsa dan seluruh umat manusia.

"Saya berharap pengalaman ini dapat membuat kedua negara kembali bekerja sama," kata Putin.

Jet-jet Tempur Rusia Lancang Terbang, Dicegat Pesawat AS

Sementara itu di Moskow, Rusia, sayap pemuda Partai Rusia Bersatu menggelar pameran di sebuah lapangan dan mengutuk keterlibatan AS dalam masalah negara lainnya. Para aktivis muda itu memamerkan foto dan kutipan kalimat dari para pemimpin dunia mengenai AS, seperti Presiden Ukraina Viktor Yanukovych atau Presiden Libya Moammar Gadhafi.

"Di bawah kepemimpinan saat ini, Amerika Serikat telah menjadi negara parasit yang menyerang negara-negara lain dengan dalih apapun, melanggar kedaulatan mereka, menyebabkan revolusi, menggunakan kekuatan militer, membunuh warga sipil, dan kenegaraan menghancurkan mereka," kata Denis Davydov, salah seorang aktivis.

Menantu Trump Diduga Terlibat dalam Campur Tangan Rusia

Kami, ujar Davydov, menyerukan kepada Amerika Serikat pada Hari Kemerdekaan mereka agar tidak hanya untuk menjaga independensi mereka sendiri tetapi juga menghormati kemerdekaan negara-negara lain.

Presiden Vladimir Putin mengatakan tuduhan tersebut hanyalah alasan AS untuk keluar dari traktat. - EPA

Putin Ancam Bikin Rudal Jenis Baru Jika AS Langgar Traktat Nuklir

Tudingan Nato yang sebut Rusia langgar traktat dinilai akal-akalan AS.

img_title
VIVA.co.id
6 Desember 2018