TUTUP
TUTUP
DUNIA

08-07-1994: Pendiri Korea Utara Meninggal Dunia

Berhaluan kiri, Kim didapuk menjadi 'Pemimpin Besar'.
08-07-1994: Pendiri Korea Utara Meninggal Dunia
Kim Il Sung (www.stuff.co.nz)

VIVA.co.id – Hari ini 22 tahun silam. Kim Il Sung, diktator komunis Korea Utara yang memimpin sejak 1948 meninggal dunia akibat serangan jantung di usia ke 82 tahun.

Melansir situs History, perjuangan Kim menjadi pemimpin Korea Utara bermula dari 1930. Kala itu, ia berjuang melawan pendudukan Jepang.

Namun, sisi lain, ketokohan Kim membuat Uni Soviet kepincut untuk merekrutnya menjadi sekutu. Tak pelak, ia belajar pelatihan militer dan politik di sana.

Kim akhirnya menjadi seorang komunis dan berjuang dalam Perang Dunia II. Lalu, pada 1948, Kim menjadi pemimpin pertama sekaligus pendiri Republik Demokratik Rakyat Korea Utara.

Berharap untuk menyatukan kembali Korea dengan kekerasan, Kim melancarkan invasi ke Korea Selatan pada Juni 1950. Hal inilah memicu Perang Korea yang berakhir dengan gencatan senjata pada 1953 hingga kini.

Selama empat dekade, Kim memimpin negaranya menjadi terisolasi dan hubungan dengan Korea Selatan tetap tegang. Korea Utara menyebutnya sebagai "Pemimpin Besar", dan terus berkuasa sampai ajal menjemputnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP