TUTUP
TUTUP
DUNIA

Muslim Indonesia di Kanada Diimbau Tunjukkan Keteduhan Islam

Dubes RI di Kanada prihatin maraknya aksi kekerasan berlatar agama
Muslim Indonesia di Kanada Diimbau Tunjukkan Keteduhan Islam
Dubes RI untuk Kanada, Teuku Faizasyah saat merayakan idul Fitri di Ottawa (KBRI Ottawa)

VIVA.co.id – Warga negara Indonesia di Ottawa dan Montreal, Kanada, merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H yang diselenggarakan Kedutaan Besar RI di Ottawa. Rangkaian perayaan dimulai dengan gema takbir dan shalat Ied bersama di Gedung KBRI Ottawa, serta halal bi halal di Gedung Wisma Duta Besar RI di Ottawa.

Rangkaian kegiatan ini dihadiri lebih dari 150 masyarakat Indonesia di Ottawa dan Montreal. Turut hadir Duta Besar Malaysia untuk Kanada dan para anggota korps diplomatik negara-negara sahabat, khususnya dari negara di kawasan Asia Tenggara, seperti Brunei Darussalam, serta komunitas dan organisasi Islam di Kanada.

Berbeda dengan sambutan Idul Fitri di tahun sebelumnya, selain menghaturkan harapan agar pelajaran yang telah diperoleh selama ibadah Ramadan dapat menjadi bekal memperbaiki kualitas diri kaum muslim di Kanada, Duta Besar RI untuk Kanada, Teuku Faizasyah, juga memberikan penekanan khusus agar masyarakat muslim Indonesia di perantauan dapat senantiasa membawakan nilai perdamaian serta menampilkan wajah Islam yang teduh dan penuh rahmat bagi semesta alam.

“Maraknya aksi-aksi kekerasan dengan dalih keagamaan di berbagai belahan dunia, utamanya di negara kawasan Timur Tengah dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, menjadi keprihatinan yang mendalam. Untuk ini, saya menitip pesan bagi seluruh masyarakat muslim Indonesia di perantauan untuk terus senantiasa membawakan nilai perdamaian sebagaimana diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW," demikian seruan Duta Besar Teuku Faizasyah, dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 8 Juli 2016.

Shalat Ied dilaksanakan dengan penuh khidmat dipimpin Ustadz Ahmad Rofiqi. Dalam tausiyah Idul Fitri, Ahmad Rofiqi juga menjelaskan pentingnya nilai manusia agar terus berusaha memperbaiki diri dan kembali pada fitrah, sesuai nilai dan tuntunan Islam.

Ahmad Rofiqi merupakan Dai Ambassador, program dakwah dari Corps Dai Dompet Dhuafa yang bergerak meretas dakwah lintas batas, untuk melakukan pembinaan spiritual masyarakat muslim di luar negeri.

Rangkaian acara Idul Fitri 1437 H tahun ini ditutup dengan halal bi halal dan jamuan makan siang di Gedung Wisma Duta Besar RI di Ottawa, Kanada. Beragam kuliner khas Idul Fitri, seperti ketupat, lontong sayur, rendang, opor ayam, dan balado tempe serta sambal kentang ati ayam, turut tersaji menghangatkan lebaran di Kanada.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP