TUTUP
TUTUP
DUNIA

PM Jepang Kecam Keras Peluncuran Rudal Korut

Ia meminta dunia internasional menguatkan kerja sama menghadapi Korut.
PM Jepang Kecam Keras Peluncuran Rudal Korut
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. (BBC)

VIVA.co.id –  Tindakan Korea Utara yang kembali meluncurkan rudal balistik melalui kapal selam dikecam keras oleh Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. 

"Tindakan itu adalah sikap yang secara jelas menantang resolusi Dewan Keamanan PBB," ujar Shinzo Abe, seperti diberitakan oleh Reuters, Sabtu, 9 Juli 2016.

"Kita harus mengutuk keras peluncuran ini dengan meningkatkan kerja sama internasional," ujarnya. Abe juga menambahkan, peluncuran rudal tersebut tidak memberi pengaruh langsung pada keamanan nasional negaranya. 

Peluncuran rudal yang dilakukan oleh Korea Utara ini dilakukan selang satu hari setelah AS dan Korea Selatan menempatkan sebuah perangkat anti-rudal untuk menghadapi ancaman dari Pyongyang. Dua hari sebelumnya, Korea Utara juga memberikan peringatan, mereka sedang menyiapkan respon yang keras atas tindakan PBB yang menurut  Korea Utara, sedang mendeklarasikan perang kepada mereka.

Korea Utara, seperti diberitakan oleh militer Korea Selatan, kembali melakukan peluncuran misil rudal balistik. Peluncuran tersebut dilakukan di Semenanjung Korea pada 9 Juli 2016, atau Sabtu pagi waktu setempat. Tindakan Korea Utara ini memicu keresahan Korea Selatan.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP