TUTUP
TUTUP
DUNIA

Anggur Termahal di Dunia, Harganya Rp141 Juta

Anggur ini adalah anggur Ruby Roman.
Anggur Termahal di Dunia, Harganya Rp141 Juta
Anggur Ruby Roman (AP)

VIVA.co.id – Dalam sebuah lelang di Jepang, sejumlah anggur yang dianggap sebagai simbol status sosial ini dibeli dengan harga yang luar biasa.

Dikutip dari laman The Guardian, anggur yang berjumlah sekitar 30 buah itu terjual dengan harga 1,1 juta Yen atau sekitar Rp141 juta. Sebutir anggur yang merupakan varietas Ruby Roman tersebut memiliki ukuran sebesar bola ping pong.

Anggur jenis ini dibudidayakan di perfektur Ishikawa, Jepang. Untuk memenuhi syarat menjadi Ruby Roman, anggur tersebut harus memiliki berat setidaknya 20 gram dan kandungan gula sedikitnya 18 persen.

Menurut situs klub Ruby Roman yang dijalankan oleh perfektur Ishikawa, proses penanaman sudah dimulai sejak 1992 saat bibit varietas Fujiminori ditebarkan. Selama bertahun-tahun, anggur tersebut kemudian dibudidayakan menjadi varietas Ruby Roman yang merupakan nama pemberian masyarakat di tahun 2004. Anggur pertama dijual pada tahun 2008, dan harganya terus naik semenjak itu.

Penawaran buah musiman di Jepang yang diadakan secara rutin telah menjadi daya tarik banyak sekali pembeli yang mencari prestis sosial. Ada juga yang datang dari kalangan pemilik toko yang ingin menarik hati para pembelinya.

Pembeli anggur pada lelang hari itu pun berjanji akan membagikan sampel bagi beberapa pelanggan yang beruntung.

"Ruby Roman ini adalah permata. Kami akan memajangnya di toko kami sebelum memberi kesempatan pelanggan kami untuk mencicipi sampelnya," kata pemenang lelang Takamaru Konishi.

Lelang anggur Ruby Roman itu menjadi pembuka musim lelang di Jepang. Buah-buahan lainnya mulai dari apel hingga semangka juga bisa ditawar dalam lelang tersebut.

Raja buah di Jepang adalah melon, yang menjadi simbol status sosial yang mirip dengan minuman anggur kuno dan dijadikan sebagai hadiah bernilai tinggi. Tahun lalu, sepasang melon berhasil dilelang dengan harga 1,5 juta Yen atau sekitar Rp196 juta.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP