TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Banjir India, Puluhan Orang Tewas & Ratusan Ribu Mengungsi

Penyaluran obat-obatan terus dipercepat agar penyakit tak mewabah.
Banjir India, Puluhan Orang Tewas & Ratusan Ribu Mengungsi
Banjir di Allahabad, India, 10 Juli 2016. (REUTERS/Jitendra Prakash)

VIVA.co.id – Banjir bandang terjadi di di India akibat hujan deras yang terjadi selama satu pekan lalu, menewaskan 22 orang. Otoritas setempat, hari ini pun mengumumkan setidaknya lebih dari 170 ribu warga kehilangan rumahnya dan terpaksa mengungsi. 

Dilansir dari Reuters, Senin, 11 Juli 2016, meskipun hujan penting bagi pertanian setempat, intensitas yang berlebihan akan mengakibatkan kehancuran lahan, bahkan kematian. 

Kantor cuaca setempat mengungkapkan, hujan yang mereda Rabu 6 Juli lalu melebihi rata-rata batas yang biasa terjadi. Bahkan kenaikan intensitasnya hingga 35 persen lebih tinggi. 

Dua puluh orang tewas di negara bagian Madhya Pradesh, dan 70 ribu warga lainnya mengungsi. Intensitas air di sungai Narmada naik ke level yang berbahaya. 

"Ribuan orang akan dievakuasi hari ini, Kami sedang bekerja dengan mode perang untuk mendirikan kamp bantuan," kata Sekretaris Rumah Tangga Pemerintah setempat, Basant Singh di Bhopal, ibu kota negara bagian. 

"Departemen Kesehatan mendistribusikan obat-obatan untuk mencegah wabah penyakit yang terbawa air,” ujarnya. 

Sementara itu di negara bagian Assam, banjir setidaknya menewaskan dua orang dan 100 ribu orang harus meninggalkan rumahnya. Para pengungsi itu terpaksa berteduh di tempat yang lebih tinggi. 

"Departemen Kesehatan mendistribusikan obat-obatan untuk mencegah wabah penyakit yang terbawa air," ucapnya. 


 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP