Inikah Penyebab Kecelakaan Kereta di Italia

Seorang petugas pemadam kebakaran di antara puing gerbong kereta.
Sumber :
  • Facebook Walikota Corato, Massimo Mazzilli

VIVA.co.id – Kecelakaan kereta di wilayah Puglia, Italia Selatan, yang menewaskan 10 orang dan melukai puluhan lainnya diduga akibat kesalahan manusia (human error).

2 Motor Adu Banteng di Kembangan Jakbar, 1 Orang Tewas

Menurut penyidik, seperti dikutip dari situs Telegraph, Selasa, 12 Juli 2016, untuk saat ini dugaan sementara penyebab tabrakan maut disebabkan oleh kesalahan manusia.

Hal ini mengacu pada laporan bahwa empat rangkaian gerbong kereta seharusnya menunggu di stasiun untuk menunggu lampu hijau, sebelum menuju ke jalur tunggal (single-track) antara kota Corato dan Andria. Kendati demikian, belum ada konfirmasi resmi dari apa yang menyebabkan kecelakaan maut ini.

Tangis Keluarga Pecah saat Terima 12 Jenazah Korban Kecelakaan Maut KM 58

Kereta ini dikelola oleh perusahaan Ferrotramviaria yang berpusat di Bari. Sementara, Walikota Corato, Massimo Mazzilli, mengatakan kalau kecelakaan ini sebuah bencana besar. Sama besarnya ketika pesawat jatuh.

"Para pekerja darurat dan staf perlindungan sipil bekerja mencari korban. Ini sangat mengerikan. Seakan-akan seperti pesawat jatuh," kata Mazzilli.

12 Korban Kecelakaan Maut di KM 58 Tol Japek Teridentifikasi, Ini Daftarnya

Sedangkan Perdana Menteri Italia, Matteo Renzi, harus kembali Ibukota Roma dari kunjungannya di Milan akibat kecelakaan kereta tersebut.

"Ini saatnya untuk berkabung. Saya telah memerintahkan seluruh jajaran untuk tidak berhenti sampai penyebabnya ditemukan," ungkap Renzi.

Seorang petugas pemadam kebakaran di antara puing gerbong kereta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya