TUTUP
TUTUP
DUNIA

14-07-1881: Billy The Kid Tewas Ditembus Timah Panas

Billy adalah legenda koboi Amerika Serikat.
14-07-1881: Billy The Kid Tewas Ditembus Timah Panas
Billy The Kid.

VIVA.co.id – Hari ini 135 tahun silam. Legenda koboi Amerika Serikat, Billy The Kid, ditembak mati oleh Sherif Pat Garrett di Maxwell Ranch, New Mexico.

Billy berhasil dilumpuhkan berkat hasil lacakan Garrett selama tiga bulan pascapelariannya dari penjara hanya 14 hari sebelum dieksekusi hukum gantung.

Kabar tersebar bahwa Billy bersembunyi di rumah kekasihnya, Paulita Maxwell. Garrett pun langsung menyambangi dan menunggu dalam gelap di depan rumah Paulita. Ketika Billy terlihat, Garrett menembaknya hingga tewas di tempat.

Melansir situs History, pria bernama asli Patrick Henry McCarty alias William H. Bonney Jr., dikenal sebagai penembak jitu ulung. Padahal, usianya yang baru mencapai 21 tahun.

Mungkin inilah alasan mengapa ia dijuluki "Billy The Kid". Pada 1 April 1878, Billy The Kid disergap Sherif William Brady Andone beserta anak buahnya di Lincoln, New Mexico, setelah pemilik peternakan John Tunstall dibunuh.

Billy sebelumnya bekerja di peternakan milik Tunstall. Sheriff Brady dan anak buahnya, yang berafiliasi dengan peternak saingan Tunstall, terlibat dengan geng yang menewaskan sang pemilik peternakan itu dalam sebuah serangan balasan pada Februari 1878.

Billy berhasil menembak mati Brady dan Wakil Sherif, George Hindman. Kala itu ia baru berusia 18 tahun. Berikut dakwaannya atas pembunuhan Sheriff Brady, membuat Billy orang yang paling dicari di Barat.

Selama buron, Billy membunuh beberapa orang lagi, termasuk Gunslinger Joe Grant, yang menantangnya dalam aksi showdown. Namun, petualangan Billy berakhir tatkala Sherif Pat Garrett menangkapnya lalu dibawa ke penjara untuk diadili.

Hakim menjatuhkan hukuman gantung bagi “Billy The Kid”. Sayang, dua pekan sebelum eksekusi dijadwalkan, Billy berhasil kabur dari penjara dan membunuh dua penjaga.

Hingga akhirnya Billy tewas ditembus timah panas oleh senjata api milik Garrett. Tidak ada tuntutan hukum yang diajukan terhadap Garrett, karena memang perintah untuk membunuh dibenarkan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP