Ini Misi Kedatangan PM Selandia Baru ke Indonesia

Perdana Menteri Selandia Baru John Key.
Sumber :
  • REUTERS/Jung Yeon-Je/Pool

VIVA.co.id – Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri, Edy Yusuf, memastikan Perdana Menteri Selandia Baru, John Key, akan mengunjungi Indonesia selama tiga hari, pada Minggu, 17 Juli 2016.

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

PM Key datang beserta rombongan 25 delegasi dan chief executive officer (CEO), karena menguatkan kerja sama ekonomi, khususnya perdagangan, dengan Indonesia pada kunjungan yang keduanya kali ini.

"PM Selandia Baru akan membawa isu ekonomi yang dijadikan fokus dalam pertemuan ini," kata Edy, di Gedung Kemlu RI, Jakarta, Kamis, 14 Juli 2016.

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

PM Key akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo dan menghadiri sejumlah acara serta forum bisnis bersama pengusaha Indonesia.

Menurut Edy, empat kerja sama dan tiga MoU akan dibicarakan kedua pemimpin negara tersebut.

5 Negara dengan Persentase Jutawan Tertinggi di Dunia

Keempat kerja sama yang dimaksud adalah investasi, terutama di aspek industri susu, energi terbarukan, peternakan terutama pembibitan sapi, serta pariwisata dan pendidikan.

Sementara itu, tiga MoU yang akan ditandatangani yaitu energi terbarukan, pariwisata, serta IUU Fishing.

Selain itu, PM Key diagendakan mengunjungi perusahaan di Cikarang, Jawa Barat, dan Surabaya, Jawa Timur. Di Surabaya, Edy melanjutkan, PM Key akan bertemu dengan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

"Kita fokus peningkatan kerja sama perdagangan. Karena, memang volume perdagangan Indonesia dan Selandia Baru masih kecil. Target kita meningkatkan nilai perdagangan menjadi US$4 juta dengan mengekspor produk pertanian seperti mangga dan salak," ujar Edy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya