Boris Johnson Ingin Bawa Inggris Jadi Pemain Global

Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson.
Sumber :
  • Laman The Times Inggris

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Inggris yang baru, Boris Johnson, meminta hasil referendum negaranya terhadap Uni Eropa harus dihormati. Berbicara di Kantor Luar Negeri dan Hubungan Persemakmuran, mantan Wali Kota London ini menetapkan visinya bagi Inggris untuk menjadi pemain global.

PM Inggris Boris Johnson Sebut Putin Telah Melancarkan Perang di Eropa

"Saya berpikir bahwa yang harus kita lakukan saat ini adalah fokus pada tujuan dan membentuk kembali profil global Inggris. Saya akan menjadikan Inggris sebagai pemain global yang besar," kata Johnson, dilansir dari situs Independent, Jumat, 15 Juli 2016.

Johnson, yang juga mantan wartawan Times dan Telegraph ini, ditunjuk Perdana Menteri Theresa May untuk mengisi pos Menteri Luar Negeri.

Krisis Ukraina, Joe Biden dan Boris Johnson Sebut Masih Ada Harapan

Sebelum menjabat Wali Kota London, ia menjadi anggota parlemen untuk Distrik Henley pada 2001-2008. Penunjukkan Johnson sebagai bagian dari Kabinet PM May telah mengejutkan banyak pihak.

Sebab, ia pernah melontar komentar-komentar kontroversial. Bahkan, Ketua Partai Demokrat Liberal, Tim Farron, menyebut penunjukan Johnson merupakan langkah yang "tidak serius".

Inggris Siapkan 1.000 Tentara Bantuan dalam Krisis Ukraina

Salah satu komentar kontroversial Johnson adalah ketika menyamakan para pemimpin Uni Eropa seperti Nazi Jerman.

Seperti diketahui, penunjukan Johnson ini merupakan salah satu dari beberapa janji kunci bagi anggota kampanye "Vote Leave EU". David Davis dan Liam Fox juga mendapat dua peran baru untuk memfasilitasi Brexit.

Dalam hal ini Davis ditetapkan sebagai Utusan Khusus Brexit, sementara Fox dipercaya untuk mengurusi Utusan Khusus Perdagangan Internasional untuk Brexit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya