Warga Indonesia di Turki Diminta Jauhi Pusat Keramaian

Massa pendukung Erdogan berkumpul saat kudeta militer Turki.
Sumber :
  • REUTERS / Huseyin Aldemir

VIVA.co.id – Pemerintah Indonesia, melalui Kedutaan Besarnya di Turki, mengimbau kepada WNI yang berada di sana untuk selalu tetap waspada pasca aksi kudeta yang dilakukan sekelompok perwira militer. Upaya kudeta itu hanya berlangsung dalam beberapa jam sebelum diatasi oleh pasukan yang masih loyal kepada pemerintah.

Eks Pejabat AS Terancam Hukuman Seumur Hidup Atas Upaya Kudeta Turki

Berdasarkan surat pernyataan resmi dari Kedubes RI di Turki yang diterima VIVA.co.id, meminta kepada warga untuk menghubungi nomor kontak kedutaan jika terjadi sesuatu.

Nomor yang bisa dihubungi, di antaranya KBRI Ankara: +905321352298 +905338120760 dan KBRI Istanbul: +905314530351 +905319831534.

Lebih dari 100 Orang Ditangkap di Turki

Kedutaan juga meminta kepada seluruh WNI di Turki untuk meningatkan kewaspadaan dan mencermati perkembangan situasi sekitar.

Selain itu diimbau tetap tinggal di rumah / tempat tinggal masing-masing dan menghindari pusat kemaraian. Jika ingin berpergian, diharapkan selalu membawa identitas diri (paspor) serta menjaga komunikasi dengan sesama WNI.

Turki Kembali Pecat Ribuan Tentara dan Polisi

Diketahui, kudeta militer telah digagalkan. Kekuasaan Turki sudah diambil alih oleh Pemerintah yang dipimpin oleh Tayyip Erdogan. Saat aksi kudeta berlangsung, pesawat dan helikopter militer menembaki markas badan intelijen.

Sementara itu, seorang tentara militer mengambil alih televisi negara dan mengumumkan jam malam di seluruh negeri dan darurat militer. Kondisi ini membuat semua bandara di Turki ditutup. Tak hanya itu, akses ke media sosial juga tertutup.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya