TUTUP
TUTUP
DUNIA

RI Pastikan Keselamatan WNI Pasca Kudeta Gagal di Turki

Situasi sudah kondusif, baku tembak dan manuver jet mereda
RI Pastikan Keselamatan WNI Pasca Kudeta Gagal di Turki
Militer pro pemerintah berjaga di jalan utama Turki. (REUTERS)

VIVA.co.id – Sejak menerima informasi awal dari Duta Besar RI di Ankara, Menteri Luar Negeri RI terus memantau situasi di Turki pasca kudeta gagal. Dia juga telah berkomunikasi dengan Kedutaan Besar RI di Ankara serta Konsulat Jenderal RI di Istanbul. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meminta agar kedua perwakilan memastikan situasi dan kondisi warga negara Indonesia, baik yang tinggal di Turki maupun yang kemungkinan sedang transit, khususnya mereka yang saat ini terjebak di Bandara Attaturk, Istanbul.

Perkembangan terakhir diperoleh informasi dari otoritas setempat, bahwa situasi secara umum sudah kondusif, dan ibu kota Ankara sudah dikuasai barisan pro pemerintah. Baku tembak antara kedua pasukan militer, maupun manuver jet tempur juga sudah mereda.

Presiden Turki Erdogan dilaporkan telah tiba di Bandara Istanbul pada Sabtu dini hari waktu setempat setelah mempersingkat kunjungan ke luar negeri. Dia langsung menemui para pendukungnya di luar bandara.

Pemerintah setempat juga mengimbau Diyanet, badan yang menangani urusan agama, agar meminta mesjid kembali mengumandangkan azan.

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP