RI Berharap Situasi Turki Pasca Kudeta Segera Pulih

Pihak keamanan Turki sedang berjaga/Ilustrasi.
Sumber :
  • REUTERS / Murad Sezer

VIVA.co.id – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanatha Nassir, mengatakan Pemerintah prihatin atas situasi yang terjadi di Turki. Diketahui, faksi militer coba mengkudeta pemerintah Turki selama beberapa saat.

Lebih dari 100 Orang Ditangkap di Turki

"Pemerintah mengharapkan situasi di Turki akan segera pulih. Kami jugamenekankan pentingnya penghormatan terhadap konstitusi dan prinsip demkorasi," ujar Arrmanatha dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Sabtu 16 Juli 2016.

Arrmanatha menambahkan, bagi warga negara Indonesia yang berdomisili di Turki, diminta untuk tetap tenang sementara waktu dan tinggal di rumah.

Turki Kembali Pecat Ribuan Tentara dan Polisi

"Terus mencermati perkembangan dan situasi keamanan  dan melakukan komunikasi dengan KBRI Ankara dan KJRI Istanbul," kata dia.

Pemerintah, lanjut Arrmanatha, juga mengimbau warga negara Indonesia  yang akan melakukan perjalan ke Turki khususnya Ankara dan Istanbul dalam waktu dekat untuk terlebih dahulu memantau keadaan keamanan sebelum keberangkatan.

Terlibat Kudeta, 104 Prajurit Turki Dipenjara seumur hidup

Dari data yang dihimpun, jumlah WNI di Turki saat ini ada sekitar 2.700 orang, di antaranya 800 orang di Instanbul dan 400 di Ankara.

(ren)

Presiden Turki Tayyip Erdogan

Eks Pejabat AS Terancam Hukuman Seumur Hidup Atas Upaya Kudeta Turki

Termasuk seorang filantropis Osman Kavala

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2020