TUTUP
TUTUP
DUNIA

25 WNI Terjebak di Bandara Attaturk Saat Kudeta Turki

Menlu Retno meminta WNI di Bandara Attaturk tetap tenang
25 WNI Terjebak di Bandara Attaturk Saat Kudeta Turki
Situasi pengamanan saat kudeta faksi militer Turki (REUTERS)

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, telah berkomunikasi dengan 25 warga negara Indonesia yang terjebak di tengah upaya kudeta di Turki. Mereka berada di Bandara Attaturk Istanbul saat terjadi baku tembak antara kelompok militer yang berupaya mengkudeta dan pro pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

"Dalam pembicaraan tersebut Menlu Retno menenangkan para WNI, menghimbau mereka agar tetap tenang dan tidak panik, untuk tidak keluar dari bandara," jelas Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal, Sabtu, 16 Juli 2016.

Saat berbincang dengan warga yang terjebak di bandara itu, Retno juga memberikan informasi mengenai perkembangan situasi terakhir yang terjadi di Turki.

"Memberikan update situasi keamanan terakhir serta memastikan bahwa KJRI Istanbul sudah mengetahui keberadaan mereka," jelas Lalu.

Retno juga menjamin, petugas Konsulat Jenderal RI akan segera memberikan bantuan pada mereka di Bandara Attaturk, setelah situasi politik dan keamanan di Turki dinyatakan sudah pulih sepenuhnya. "Akan segera memberikan bantuan yang diperlukan begitu dibuka akses ke Bandara," katanya.

Salah satu warga negara Indonesia yang terjebak di Bandara Turki adalah artis Amel Carla. Di tengah liburannya itu, aktivitasnya terganggu di antara masyarakat yang menolak kudeta oleh salah satu faksi militer Turki.

Amel pun mengunggah pengalamannya di bandara ini dalam video berdurasi 17 detik ke akun Instagram miliknya, yang menggambarkan situasi terkini di bandara.

"Astaghfirullah aku sama keluarga lagi di bandara Istanbul dan ini keadaan sekitar 1 jam yang lalu, 3 menit yg lalu kita mendengar suara sesuatu meledak kita nggak tahu itu apa," tulisnya dalam keterangan foto tersebut.

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP