25 WNI Terjebak di Bandara Attaturk Saat Kudeta Turki

Situasi pengamanan saat kudeta faksi militer Turki
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, telah berkomunikasi dengan 25 warga negara Indonesia yang terjebak di tengah upaya kudeta di Turki. Mereka berada di Bandara Attaturk Istanbul saat terjadi baku tembak antara kelompok militer yang berupaya mengkudeta dan pro pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Prabowo Beri Bantuan Rumah Apung, Warga Kampung Nelayan Jakarta Ungkap Rasa Syukur

"Dalam pembicaraan tersebut Menlu Retno menenangkan para WNI, menghimbau mereka agar tetap tenang dan tidak panik, untuk tidak keluar dari bandara," jelas Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal, Sabtu, 16 Juli 2016.

Saat berbincang dengan warga yang terjebak di bandara itu, Retno juga memberikan informasi mengenai perkembangan situasi terakhir yang terjadi di Turki.

Kawal Arus Mudik Hingga Balik Lebaran 2024, PLN Siaga di Zona Utama Transportasi Publik

"Memberikan update situasi keamanan terakhir serta memastikan bahwa KJRI Istanbul sudah mengetahui keberadaan mereka," jelas Lalu.

Retno juga menjamin, petugas Konsulat Jenderal RI akan segera memberikan bantuan pada mereka di Bandara Attaturk, setelah situasi politik dan keamanan di Turki dinyatakan sudah pulih sepenuhnya. "Akan segera memberikan bantuan yang diperlukan begitu dibuka akses ke Bandara," katanya.

Penembakan di Bandara Internasional Kuala Lumpur: Bodyguard Luka Parah, Pelaku Kabur

Salah satu warga negara Indonesia yang terjebak di Bandara Turki adalah artis Amel Carla. Di tengah liburannya itu, aktivitasnya terganggu di antara masyarakat yang menolak kudeta oleh salah satu faksi militer Turki.

Amel pun mengunggah pengalamannya di bandara ini dalam video berdurasi 17 detik ke akun Instagram miliknya, yang menggambarkan situasi terkini di bandara.

"Astaghfirullah aku sama keluarga lagi di bandara Istanbul dan ini keadaan sekitar 1 jam yang lalu, 3 menit yg lalu kita mendengar suara sesuatu meledak kita nggak tahu itu apa," tulisnya dalam keterangan foto tersebut.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya