TUTUP
TUTUP
DUNIA

Kudeta Turki Gagal Akibat Militer Tak Solid

Kudeta ini dinilai eksperimen untuk melihat dukungan masyarakat.
Kudeta Turki Gagal Akibat Militer Tak Solid
Massa pendukung Erdogan berkumpul saat kudeta militer Turki. (REUTERS / Huseyin Aldemir)

VIVA.co.id – Upaya kudeta militer Turki telah digagalkan oleh barisan tentara pro pemerintah. Ketegangan yang berlangsung sejak Jumat malam waktu setempat pun mulai mereda, setelah situasi berhasil dikendalikan tentara pemerintah. 

Menurut pengamat militer dan politik Turki, M. Alfan Alfian, kudeta itu tak berjalan mulus karena lemahnya solidaritas di tentara Turki. Hasilnya, upaya kudeta berhasil dipatahkan dalam waktu kurang dari sehari. 

"Ini tentara tidak didukung institusi yang besar, termasuk panglima angkatan laut dan divisi satu. Ini menunjukan bahwa tidak ada solidaritas dalam institusi tentara itu," jelas Alfan pada dikusi bertema 'Kudeta Militer Turki' di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu, 16 Juli 2016.

Dari situasi itu, Alfan pun memprediksi tidak akan ada upaya kudeta susulan dalam waktu dekat. Sebab, kegagalan kudeta ini membuat posisi Presiden Erdogan bertambah kuat, dengan dukungan penuh petinggi militer dan institusi kepolisian.

"Ke depan setelah kudeta, agak mustahil akan terjadi kudeta susulan, kecuali ada kelompok-kelompok kecil tentara yang melakukan eksperimen-eksperimen," ucap Alfan.

Diskusi mengenai kudeta militer Turki di JakartaDiskusi mengenai kudeta militer Turki di Jakarta, Sabtu 16 Juli 2016. (VIVA.co.id/Herdi Muhardi)

Alfan menganggap upaya kudeta kali ini merupakan sebuah eksperimen, untuk menguji mayoritas dukungan masyarakat. Namun hasilnya di luar dugaan, karena masyarakat justru turun ke jalan untuk menghambat kelompok tentara pengkudeta dan mendukung Erdogan.

Alasan uji coba ini menjadi penting, kata Alfan, adalah karena sebelumnya sudah beberapa kali terjadi peristiwa kudeta di Turki, dimana militer mendapat dukungan masyarakat.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP