Terlibat Kudeta, Dua Jenderal Militer Turki Ditangkap

Pihak keamanan Turki sedang berjaga/Ilustrasi.
Sumber :
  • REUTERS / Murad Sezer

VIVA.co.id – Dua jenderal militer Turki ditangkap atas tuduhan terlibat upaya kudeta militer yang terjadi pada Jumat malam. Kedua jenderal itu diamankan di Provinsi Isparta Selatan, Turki, Sabtu, 16 Juli 2016.

4 Serangan Brutal Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menumpas Israel dan Sekutunya

Dilansir Anadolu Agency, kedua petinggi militer Turki yang ditangkap karena terlibat kudeta adalah Mayor Jenderal Metin Akkaya dan Panglima Garnisun Isparta, Mayor Jenderal Mustafa Kurutmaz.

Sementara itu, sebanyak 182 personel militer ditahan dari berbagai jajaran, termasuk komandan senior. Mereka ditangkap karena terkait dengan organisasi teroris Fetullah Terrorist Organization (FETO)/Parallel State Structure (PDY).

Kabinet Perang Israel Gelar Rapat, Netanyahu Siapkan Target Balas Dendam di Iran

Selain itu, surat perintah penangkapan dikeluarkan untuk sekitar 77 tentara, termasuk komandan senior di Provinsi Diyarbakir. Perintah penangkapan lain juga dikeluarkan untuk beberapa 22 hakim militer dan jaksa dalam kaitannya dengan kudeta.

Sebelumnya pada Jumat malam, 15 Juli 2016, militer berupaya melakukan kudeta menggulingkan pemerintah terpilih Turki. Menurut Perdana Menteri Binali Yildirim, ratusan tewas atas kejadian tersebut.

Israel vs Iran, Mana Lebih Unggul dalam Perlengkapan Militer?

Sedangkan 2.839 personel militer yang terlibat dalam upaya kudeta telah ditangkap, dan 20 tentara pro-kudeta, termasuk beberapa perwira senior, tewas dalam upaya menggulingkan pemerintah.

Penampakan rudal Iran ke arah Israel di atas langit Yordania

Segini Jumlah Rudal Iran yang Dicegat AS, Inggris dan Yordania Menuju Israel

merika Serikat, Inggris, Yordania dan Perancis membantu mencegat serangan besar-besaran drone yang ditembakkan Iran ke Israel pada Sabtu malam

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024