TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Terlibat Kudeta, Dua Jenderal Militer Turki Ditangkap

Keduanya diduga terlibat upaya kudeta militer Jumat malam
Terlibat Kudeta, Dua Jenderal Militer Turki Ditangkap
Pengamanan Turki saat kudeta berlangsung (REUTERS / Murad Sezer)

VIVA.co.id – Dua jenderal militer Turki ditangkap atas tuduhan terlibat upaya kudeta militer yang terjadi pada Jumat malam. Kedua jenderal itu diamankan di Provinsi Isparta Selatan, Turki, Sabtu, 16 Juli 2016.

Dilansir Anadolu Agency, kedua petinggi militer Turki yang ditangkap karena terlibat kudeta adalah Mayor Jenderal Metin Akkaya dan Panglima Garnisun Isparta, Mayor Jenderal Mustafa Kurutmaz.

Sementara itu, sebanyak 182 personel militer ditahan dari berbagai jajaran, termasuk komandan senior. Mereka ditangkap karena terkait dengan organisasi teroris Fetullah Terrorist Organization (FETO)/Parallel State Structure (PDY).

Selain itu, surat perintah penangkapan dikeluarkan untuk sekitar 77 tentara, termasuk komandan senior di Provinsi Diyarbakir. Perintah penangkapan lain juga dikeluarkan untuk beberapa 22 hakim militer dan jaksa dalam kaitannya dengan kudeta.

Sebelumnya pada Jumat malam, 15 Juli 2016, militer berupaya melakukan kudeta menggulingkan pemerintah terpilih Turki. Menurut Perdana Menteri Binali Yildirim, ratusan tewas atas kejadian tersebut.

Sedangkan 2.839 personel militer yang terlibat dalam upaya kudeta telah ditangkap, dan 20 tentara pro-kudeta, termasuk beberapa perwira senior, tewas dalam upaya menggulingkan pemerintah.


Baca: Kudeta Turki, Satu Jenderal Tewas dan 754 Tentara Ditahan

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP