TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Kudeta Turki, Ratusan Hakim dan Jaksa Ditahan

Setelah upaya penggulingan kekuasaan yang gagal.
Kudeta Turki, Ratusan Hakim dan Jaksa Ditahan
Massa pendukung Erdogan berkumpul saat kudeta militer Turki. (REUTERS / Huseyin Aldemir)

VIVA.co.id – Hingga 272 anggota Badan Peradilan di Istanbul, Turki ditahan pada Sabtu kemarin, sehubungan dengan upaya kudeta yang gagal dilakukan di negara tersebut. Sebanyak 272 jaksa dan hakim ditahan dan dilarang meninggalkan Turki untuk beberapa waktu lamanya.

Dilansir dari Anadolu Agency pada Minggu, 17 Juli 2016, para tahanan dituduh terlibat dan menjadi anggota FETO yaitu kelompok yang dipimpin oleh Fetullah Gullen, yang dituduh andil memimpin upaya penggulingan pemerintahan Turki.

Upaya kudeta militer Turki yang berhasil digagalkan oleh kelompok pro pemerintah telah menyebabkan lebih dari 160 orang tewas dan hingga 1.440 orang terluka. Sementara sebanyak 20 tentara pendukung kudeta telah terbunuh dalam upaya pengambilalihan kekuasaan tersebut pada Jumat malam lalu.

Perdana Menteri Turki, Binali Yildrim mengatakan, sebanyak 2.839 personel militer yang terlibat dalam upaya kudeta juga sudah ditangkap. Beberapa di antaranya diketahui sebagai pejabat senior militer.

Dalam upaya kudeta pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan, situasi kota Ankara dan Istanbul mencekam sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi kemarin. Tentara berusaha menguasai jembatan dan beberapa titik strategis. Suasana bertambah mencekam ketika helikopter sempat melancarkan serangan udara dan menyerang lokasi penting di Ibu Kota Turki, Ankara.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP