Kudeta Turki, Ratusan Hakim dan Jaksa Ditahan

Massa pendukung Erdogan berkumpul saat kudeta militer Turki.
Sumber :
  • REUTERS / Huseyin Aldemir

VIVA.co.id – Hingga 272 anggota Badan Peradilan di Istanbul, Turki ditahan pada Sabtu kemarin, sehubungan dengan upaya kudeta yang gagal dilakukan di negara tersebut. Sebanyak 272 jaksa dan hakim ditahan dan dilarang meninggalkan Turki untuk beberapa waktu lamanya.

Eks Pejabat AS Terancam Hukuman Seumur Hidup Atas Upaya Kudeta Turki

Dilansir dari Anadolu Agency pada Minggu, 17 Juli 2016, para tahanan dituduh terlibat dan menjadi anggota FETO yaitu kelompok yang dipimpin oleh Fetullah Gullen, yang dituduh andil memimpin upaya penggulingan pemerintahan Turki.

Upaya kudeta militer Turki yang berhasil digagalkan oleh kelompok pro pemerintah telah menyebabkan lebih dari 160 orang tewas dan hingga 1.440 orang terluka. Sementara sebanyak 20 tentara pendukung kudeta telah terbunuh dalam upaya pengambilalihan kekuasaan tersebut pada Jumat malam lalu.

Erdogan-Markel Bertemu Redam Konflik Turki dan Yunani

Perdana Menteri Turki, Binali Yildrim mengatakan, sebanyak 2.839 personel militer yang terlibat dalam upaya kudeta juga sudah ditangkap. Beberapa di antaranya diketahui sebagai pejabat senior militer.

Dalam upaya kudeta pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan, situasi kota Ankara dan Istanbul mencekam sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi kemarin. Tentara berusaha menguasai jembatan dan beberapa titik strategis. Suasana bertambah mencekam ketika helikopter sempat melancarkan serangan udara dan menyerang lokasi penting di Ibu Kota Turki, Ankara.

Kisah Gli, Kucing Penghuni Hagia Sophia Selama Belasan Tahun
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Source : Republika

Erdogan: Perlakuan Muslim Eropa Seperti Yahudi Sebelum PD II

Meningkatnya islamofobia telah berubah menjadi serangan terhadap Alquran, Nabi dan semua yang dianggap suci oleh umat Islam.

img_title
VIVA.co.id
27 Oktober 2020