TUTUP
TUTUP
DUNIA

Puluhan Ribu Rakyat Venezuela Lari ke Kolombia

Mereka berburu makanan dan obat-obatan.
Puluhan Ribu Rakyat Venezuela Lari ke Kolombia
Rakyat Venezuela berdemonstrasi menuntut kecukupan pangan dan obat-obatan. (Reuters/Marco Bello)

VIVA.co.id – Puluhan ribu rakyat Venezuela berbondong-bondong menuju Kolombia untuk membeli makanan dan obat-obatan. Hal itu terjadi setelah pihak berwenang setempat membuka perbatasan yang telah ditutup selama hampir satu tahun.

Sebelumnya, pada pekan lalu, langkah serupa juga telah dilakukan oleh otoritas setempat di mana banyak orangtua dan ibu-ibu yang menyerbu supermarket di Kolombia.

Tentu, maraknya warga Venezuela menyeberang ke Kolombia menjadi sorotan masyarakat dunia. Sebab, negeri kaya minyak itu tengah mengalami kemorosotan ekonomi sejak 2014.

Seperti diberitakan The Guardian, Minggu, 17 Juli 2016, berdasarkan data Kementerian Luar Negeri Kolombia, sebanyak 35 ribu warga Venezuela mendatangi Kolombia pada Sabtu lalu.

Proses masuknya pun tiba-tiba, namun berlangsung aman. Perbatasan itu dibuka sekitar delapan jam dan akan dibuka kembali hari ini.

"Kami telah membuat upaya besar untuk menjamin ketersediaan bagi rakyat Venezuela yang datang. Kami juga berharap agar proses ini berlangsung dengan tertib," kata Menteri Pertahanan Kolombia, Luis Carlos.

Sementara itu, Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, mengatakan kelangkaan pangan, obat-obatan dan kebutuhan pokok di Venezuela merupakan ulah pihak oposisi.

Mereka, oleh Maduro, berusaha untuk memicu kekacauan dan berupaya menggulingkannya dari kekuasaan yang sah. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP