AS Minta RI Perkuat Kerjasama Lawan Terorisme

Duta Besar AS untuk Indonesia, Robert Orish Blake Jr.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Orish Blake Jr., menekankan pentingnya mempertahankan tiga kerja sama strategis dengan Indonesia. Ketiganya adalah hubungan antar-masyarakat (people-to-people), penanganan hukum serta militer.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Ia juga mengakui, semasa menjabat sebagai duta besar AS, hubungan people-to-people merupakan faktor yang sangat mendukung hubungan baik kedua negara.

"Yang paling penting saat ini adalah menumbuhkan kerja sama antara ilmuwan, pendidik, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Itu semua menciptakan hubungan pribadi dan sosial yang kuat," kata Blake dalam acara Farewell Lecture di Jakarta, Senin, 18 Juli 2016.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Untuk mewujudkannya, ia menyarankan agar lebih banyak lagi siswa Indonesia yang menempuh pendidikan yang lebih tinggi di AS.

Selain itu, Blake juga menyebut bahwa Indonesia dan AS harus terus mempertahankan kerja sama penanganan hukum, khususnya dalam melawan terorisme.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Kemudian, kerja sama militer, menurut Blake, juga harus makin ditingkatkan untuk mendukung upaya pertahanan maritim dan menegakkan yurisdiksi di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

"Penanganan terhadap aksi terorisme dan penguatan maritim adalah sangat penting untuk menjaga kedaulatan," lanjut dia.

Blake akan mengakhiri masa jabatan sebagai diplomat. Satu hari menjelang kembalinya ke AS, ia mengaku sangat senang bisa memiliki banyak relasi dari berbagai lapisan masyarakat di Indonesia.

"Besok, saya akan pulang kampung. Saya akan kehilangan banyak teman di sini, terutama kesempatan tak terlupakan untuk mengunjungi tempat-tempat indah di 26 provinsi di Indonesia," ujar Blake setelah tiga tahun lebih bertugas sebagai Dubes AS untuk Indonesia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya