TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Indonesia Didorong Tingkatkan Mutu Pendidikan

Alokasi anggaran besar, namun harus bijak dan transparan.
Indonesia Didorong Tingkatkan Mutu Pendidikan
Ilustrasi/Siswa Sekolah Dasar. (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Orish Blake Jr., menilai, sebagai anggota G-20 Indonesia merupakan salah satu negara yang dapat membantu melestarikan dan meningkatkan tatanan ekonomi liberal.

Salah satu faktor yang mendukung pencapaian itu adalah meningkatkan mutu pendidikan.

Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di ASEAN, Blake mengakui bahwa hingga kini perdagangan dan perekonomian di Indonesia semakin terbuka, terutama dengan negara-negara Barat.

Menurut Blake, Indonesia semakin memahami bahwa perdagangan bebas akan meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia dan menciptakan lapangan kerja baru.

"Untuk mendorong perekonomian dan kemajuan Indonesia, pendidikan merupakan faktor utama kompetisi secara global. Indonesia perlu meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan di semua tahapan," kata dia, dalam acara Farewell Lecture, di Jakarta, Senin 18 Juli 2016.

Ia menambahkan, Indonesia memiliki alokasi dana yang cukup besar untuk mendukung kemajuan sektor pendidikan. Pemanfaatan alokasi dana tersebut, lanjut Blake, harus digunakan dengan bijak dan transparan.

Dengan pendidikan yang maju, ke depan, Indonesia akan siap memasuki area baru dalam bidang digital, ekonomi kreatif, energi terbarukan, komunikasi dan teknologi informasi.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP