TUTUP
TUTUP
DUNIA

WikiLeaks Sebar Puluhan Ribu Dokumen Milik Erdogan

Namun, 'harta karun' ini tidak membahas isu sensitif.
WikiLeaks Sebar Puluhan Ribu Dokumen Milik Erdogan
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Murat Cetinmuhurdar/Presidential Palace/Handout)

VIVA.co.id – Situs media internasional, WikiLeaks, telah merilis 294.546 surat elektronik (surel/email) dan ribuan dokumen (file) lampiran, dari 762 kotak surat masuk (inbox) yang diduga milik Partai Keadilan dan Pembangunan (Adalet ve Kalkinma Partisi/AKP), partai pimpinan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

"Harta karun" dokumen ini berasal dari 2010 hingga Juli 2016. "Perlu dicatat bahwa email dalam domain ini mayoritas menangani masalah dunia secara umum. Bukan masalah internal yang paling sensitif," kata WikiLeaks melalui situs resminya, seperti diberitakan Al Jazeera, Rabu 20 Juli 2016.

Pihak WikiLeaks menjelaskan bahwa email tersebut diperoleh sejak seminggu sebelum kudeta pemerintahan, Jumat pekan lalu.

"Kami telah memverifikasi bahan dan sumber yang tidak terhubung dengan cara apapun. Terkait unsur di balik kudeta, partai politik saingan atau negara mana pun," bunyi keterangan itu.

WikiLeaks sebelumnya mengklaim bahwa pemerintahan Turki kemungkinan besar akan berusaha untuk menyensor distribusi dokumen, dan mendesak masyarakat Turki untuk mencegah setiap upaya pemerintah yang memblokir akses.

Beberapa lama kemudian, melalui akun Twitter, WikiLeaks mengklaim bahwa infrastrukturnya kini sedang "diserang secara berkelanjutan", setelah pengumuman pembocoran dokumen dipublikasi.

"Kami belum yakin mengenai asal-usul sebenarnya dari serangan itu. Waktunya menunjukkan faksi kekuasaan negara Turki atau sekutu-sekutunya. Kami akan menang dan tetap mempublikasikannya," kata WikiLeaks.

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP