TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Timor Leste Masih Berproses Jadi Anggota ASEAN

Indonesia mendukung Timor Leste jadi anggota ASEAN ke-11.
Timor Leste Masih Berproses Jadi Anggota ASEAN
Jembatan Perbatasan Indonesia - Timor Leste di Atapupu, Nusa Tenggara Timur. (Antara/ Yudhi Mahatma)

VIVA.co.id – Direktur Mitrawicara dan Kerja Sama Antar Kawasan ASEAN, Derry Aman, mengatakan, proses pengajuan Timor Leste menjadi anggota ASEAN masih terus berjalan.

Meski terlihat "jalan di tempat", ia menegaskan masih ada mekanisme yang perlu diselesaikan untuk membuat keputusan.

"Proses studi dan pembahasan masih terus dilakukan. Bahkan, melibatkan pihak independen di luar ASEAN. Beberapa yang ditinjau antara lain faktor politik, keamanan, ekonomi, sosial budaya, dan bagaimana situasi Timor Leste untuk menjadi negara anggota ASEAN," kata Derry, di Jakarta, Kamis, 21 Juli 2016.

Menurut Derry, dari faktor ekonomi, politik, dan keamanan telah diselesaikan studinya. Namun, hingga kini yang masih harus menunggu adalah unsur sosial budaya.

Derry mengatakan, selama ketiga studi tersebut belum diselesaikan secara keseluruhan, maka prosesnya masih harus menunggu.

"Nantinya, jika sudah selesai dilakukan studi, akan dibahas masing-masing pilar, kemudian disampaikan rekomendasi atau pandangannya mengenai studi itu secara komprehensif. Selain itu, akan ada mekanisme yang akan dilaporkan ke ASEAN," ujar Derry.

Selanjutnya, ia menjelaskan, jika mekanisme yang dilaporkan menghasilkan pembahasan yang positif, akan dilaporkan dalam KTT ASEAN untuk diputuskan apakah akan menerima Timor Leste sebagai anggota atau tidak.

Ia menambahkan, sebagai salah satu negara pendorong, Indonesia terus meyakinkan negara-negara lain untuk mempertimbangkan Timor Leste sebagai anggota ke-11.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP