Jelang Olimpiade, Brasil Tangkap 10 Terduga Calon Teroris

Obor Sampai di Brazil, Olimpiade Rio 2016 Siap Digelar
Sumber :
  • REUTERS/Ueslei Marcelino

VIVA.co.id – Brasil menahan 10 orang terduga calon pelaku teror yang ditengarai akan melakukan aksi atas pengaruh dari Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Rencana aksi teror itu diperkirakan dilakukan menjelang pembukaan Olimpiade yang dilangsungkan di Rio de Janeiro pada 5 Agustus 2016.

Dua Terduga Teroris di Temanggung Dibebaskan

Sepuluh orang yang diketahui seluruhnya warga Brasil tersebut diduga dihubungi ISIS melalui perantara dengan menggunakan internet. Pula, antara satu anggota dan lainnya tidak mengetahui rencana masing-masing. Komunikasi mereka secara acak dilakukan melaui WhatsApp dan Telegram. 

"Secara langsung mereka memang tidak berhubungan dengan ISIS. Namun, sebagian sudah mengambil sumpah di awal bakal setia kepada kelompok Islam militan tersebut," kata Menteri Kehakiman Brasil, Alexandre Morales seperti dikutip Reuters.

Wiranto Ungkap Ciri-ciri Teroris yang Menyamar di Masyarakat

Para calon pelaku teror disebutkannya masuk dalam kelompok yang dibentuk dalam dunia maya dengan sebutan "Pembela Syariah" dan berencana menggunakan senjata api untuk melakukan teror di Brasil bahkan luar negeri.

"Sebenarnya ini adalah sel yang masih bisa dianggap amatir dan tanpa persiapan yang matang. Sel grup yang tidak terorganisasi," kata Menteri Morales. 

Menekan Ruang Gerak Teroris
Personel kepolisian mengangkat peti jenazah almarhum Aiptu Martua Sigalingging, korban serangan teroris di Mapolda Sumut, 25 Juni 2017.

UU Antiterorisme yang Baru Lebih Detail Atur Hak Korban

Kini hak-hak korban aksi teror diatur lebih jelas.

img_title
VIVA.co.id
25 Mei 2018