TUTUP
TUTUP
DUNIA

Jelang Olimpiade, Brasil Tangkap 10 Terduga Calon Teroris

Diduga berkaitan dengan ISIS.
Jelang Olimpiade, Brasil Tangkap 10 Terduga Calon Teroris
Obor Sampai di Brazil, Olimpiade Rio 2016 Siap Digelar (REUTERS/Ueslei Marcelino)

VIVA.co.id – Brasil menahan 10 orang terduga calon pelaku teror yang ditengarai akan melakukan aksi atas pengaruh dari Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Rencana aksi teror itu diperkirakan dilakukan menjelang pembukaan Olimpiade yang dilangsungkan di Rio de Janeiro pada 5 Agustus 2016.

Sepuluh orang yang diketahui seluruhnya warga Brasil tersebut diduga dihubungi ISIS melalui perantara dengan menggunakan internet. Pula, antara satu anggota dan lainnya tidak mengetahui rencana masing-masing. Komunikasi mereka secara acak dilakukan melaui WhatsApp dan Telegram. 

"Secara langsung mereka memang tidak berhubungan dengan ISIS. Namun, sebagian sudah mengambil sumpah di awal bakal setia kepada kelompok Islam militan tersebut," kata Menteri Kehakiman Brasil, Alexandre Morales seperti dikutip Reuters.

Para calon pelaku teror disebutkannya masuk dalam kelompok yang dibentuk dalam dunia maya dengan sebutan "Pembela Syariah" dan berencana menggunakan senjata api untuk melakukan teror di Brasil bahkan luar negeri.

"Sebenarnya ini adalah sel yang masih bisa dianggap amatir dan tanpa persiapan yang matang. Sel grup yang tidak terorganisasi," kata Menteri Morales. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP