TUTUP
TUTUP
DUNIA

Inikah Akhir 'Hubungan Mesra' AS dan NATO?

Trump ingin ubah perjanjian internasional yang tak sejalan dengan AS.
Inikah Akhir 'Hubungan Mesra' AS dan NATO?
Kandidat Presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump.  (REUTERS/Jim Young)

VIVA.co.id – Kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, mengingatkan Eropa Barat bahwa, jika terpilih sebagai presiden, dia akan mengabaikan jaminan pertahanan dengan negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization / NATO).

Selain itu, Trump juga melakukan negosiasi ulang terhadap kesepakatan perdagangan bebas Amerika Utara (North American Free Trade Agreement / NAFTA).

"Kami akan membela anggota NATO lainnya, hanya jika mereka telah 'memenuhi kewajiban mereka kepada kami'," kata Trump kepada New York Times, seperti dikutip dari situs Reuters, Jumat, 22 Juli 2016.

Pernyataan Trump ini merujuk pada kemungkinan agresi Rusia ke negara-negara Baltik, pascaaneksasi Moskow terhadap Crimea dari Ukraina pada 2014.

Tiga negara Baltik yang kini menjadi anggota NATO adalah Estonia, Latvia dan Lithuania. Seluruhnya merupakan negara pecahan Uni Soviet.

Sementara itu, Manajer Kampanye Trump, Paul Manafort, tidak membantah pernyataan taipan New York tersebut.

Ia hanya berujar akan konsisten dengan keinginan Trump untuk memodernisasi sejumlah perjanjian internasional sesuai dengan kepentingan AS.

Bendera NATO.

Sedangkan, Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg menegaskan ia tidak akan ikut campur dalam kampanye pemilu AS.

Namun menekankan bahwa solidaritas bersekutu adalah nilai kunci untuk NATO.

"NATO bagus untuk keamanan Eropa dan baik untuk keamanan AS. Amerika Serikat selalu mendukung sekutunya di Eropa," kata Stoltenberg.

Anggaran pertahanan di antara sekutu Eropa dan Kanada naik tahun lalu untuk pertama kalinya selama bertahun-tahun. Pada 2016, ia memperkirakan kenaikan lebih dari tiga persen, atau sekitar US$8 miliar.

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP