TUTUP
TUTUP
DUNIA

Siapa Calon Pendamping Hillary Clinton?

Sembilan kandidat akan diciutkan menjadi dua orang.
Siapa Calon Pendamping Hillary Clinton?
Kandidat calon Presiden AS dari Partai Demokrat, Hillary Clinton.  (time.com)

VIVA.co.id – Konvensi Nasional Partai Demokrat memang baru akan digelar pada Senin, 25 Juli 2016.

Namun, kandidat calon Presiden Amerika Serikat, Hillary Clinton, tengah bersiap memilih calon wakil presiden untuk bertarung melawan duet Donald Trump-Mike Pence dari Partai Republik.

Menurut The Washington Post, seperti dilansir situs Cbc.ca, Jumat, 22 Juli 2016, mantan menteri luar negeri itu akan menyeleksi calon pendamping dari sembilan menjadi dua orang.

Senator Virginia Timothy "Tim" Kaine

Ia sebelumnya pernah menjabat wali kota Richmond dan gubernur Negara Bagian Virginia.

Kaine bisa berbicara bahasa Spanyol dan pernah masuk nominasi calon wakil presiden saat Barack Obama bertarung kembali menjadi presiden pada 2008.

Mantan Presiden Bill Clinton mendukung pencalonan Kaine menjadi pendamping Hillary.

Menteri Pertanian Tom Vilsack

Ia berasal dari Iowa dan pendukung setia Hillary selama kampanye pemilihan pendahuluan (primary).

Vilsack dan Hillary bersahabat lama serta pernah menjadi nominator calon wakil presiden dengan pasangan John Kerry (sekarang menteri luar negeri) pada 2004.

Pada 2006, Vilsack mencoba peruntungannya melamar menjadi presiden menjelang pemilu 2008. Sayang, ia tak lolos dan memutuskan mendukung Hillary pada pemilu tahun ini.

 Senator Massachusetts Elizabeth Warren.

Senator Massachusetts Elizabeth Warren

Calon wakil presiden wanita satu-satunya ini dianggap beraliran sayap progresif dari Partai Demokrat dan kritikus dari Wall Street.

Warren juga lah yang menantang debat Trump di media sosial Twitter dan sejumlah media massa. Hillary pun memiliki catatan tersendiri soal Warren, dan menyukai pendekatan agresifnya terhadap Trump.

"Aku suka bagaimana dia (Warren) 'menguliti' Donald," ungkapnya.

Menteri Tenaga Kerja Thomas Perez

Seorang Latino dan menjadi "senjata" Hillary mendekati pemilih dari kaum Hispanik di tengah kesulitan Trump melakukan pendekatan lantaran kebijakan kontroversinya.

Ia pernah memimpin Departemen Kehakiman Divisi Hak Sipil. Perez juga memiliki ikatan kuat dengan organisasi buruh dan pernah menyelidiki kasus penembakan Trayvon Martin.

Selain itu, ada lima calon lainnya yakni Menteri Perumahan Julian Castro (pernah menjadi anggota dewan kota dan wali kota San Antonio, Texas), dan Gubernur Colorado John Hickenlooper.

Selanjutnya, Senator Ohio Sherrod Brown, Senator New Jersey Cory Booker, serta terakhir Laksamana Purnawirawan James Stavridis (pensiunan Komandan Pasukan AS di Eropa).

Laksamana Purnawirawan James Stavridis.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP