TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

24-07-1965: Empat Jet Tempur AS Ditembak Jatuh di Vietnam

Amerika operasi militer pertama ke Vietnam dengan 3.000 personel.
24-07-1965: Empat Jet Tempur AS Ditembak Jatuh di Vietnam
Jet Tempur AS, F-4 Phantom. (www.ejection-history.org.uk)

VIVA.co.id – Hari ini 51 tahun silam., dalam peperangan di udara, empat jet tempur F-4C Phantom Amerika Serikat ditembak dari situs peluncuran rudal yang tak diketahui.

Jet tempur itu bertugas mengawal pembentukan formasi pembom AS untuk menyerang gudang fasilitas amunisi di Kang Chi, 55 mil barat laut dari Hanoi, Vietnam Selatan.

Melansir situs History, ini merupakan kali pertamanya musuh (Vietnam Utara) meluncurkan rudal antiserangan udara ke pesawat AS. Atas serangan tersebut satu pesawat hancur dan tiga lainnya rusak.

Kehadiran rudal anti pesawat tanah ke udara, mewakili meningkatnya pertahanan udara Vietnam Utara. Ketika perang berlangsung, Vietnam Utara mendapat pasokan penuh dari China dan Uni Soviet.

Sistem pertahanan udara Vietnam Utara ini ternyata sangat efektif dan terintegrasi, sehingga terbukti menjadi tantangan berat Paman Sam selama melakukan misi dalam Perang Vietnam.

Militer Amerika Serikat melancarkan operasi militer pertama ke Vietnam Selatan dengan mengerahkan 3.000 personel dari Brigade-173 Lintas Udara dengan dibantu 800 personel militer Australia.

Pasukan diterjunkan di area hutan yang dikenal sebagai Viet Kong Zona D, 20 mil timur laut dari Saigon, Ibu kota Vietnam Selatan.

Pada Februari 1965, AS mengirim pasukan dari batalion rudal pertahanan udara Marinir ke Da Nang, Vietnam. Pengiriman ini bertujuan untuk melindungi pangkalan udara milik Negeri Paman Sam.

Pengiriman pasukan ini sekaligus sikap resmi AS dalam mendukung Republik Vietnam (Selatan) untuk memerangi Republik Demokratik Vietnam (Utara).

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP